No image available for this title

Text

Metode Simplified Circle Arc dan Nominal Weight Mean Equating untuk Penyetaraan Skor pada Sampel Kecil / Deni Iriyadi



Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode penyetaraan yang dapat digunakan pada sampel kecil dengan ditinjau dari bentuk distribusi datanya. Penelitian ini menggunakan perangkat tes Ujian Nasional Tahun 2015 pada mata pelajaran matematika dari PusatPenilaian Pendidikan (PUSPENDIK) untuk daerah DKI Jakarta dan Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwapada kondisi ukuran sampel 36 dengan jumlah butir 20, hasil penyetaraan dengan menggunakan metode Simplified Circle Arc dan metode Nominal Weight Mean Equating memiliki kecermatan yang sama pada bentuk distribusi data normal, distribusi data skewness positif, dan distribusi data skewness negatif. Sedangkan untuk ukuran sampel 36 dengan jumlah butir 30 dan 40, hasil penyetaraan dengan menggunakan metode Simplified Circle Arc lebih cermat daripada metode Nominal Weight Mean Equating pada bentuk distribusi data normal, distribusi data skewness positif, dan distribusi data skewness negatif.Sedangkan pada kondisi ukuran sampel 50 dan 100 dengan jumlah butir 20, 30 dan 40, hasil penyetaraan dengan menggunakan metode Simplified Circle Arc lebih cermat daripada metode Nominal Weight Mean Equating pada bentuk distribusi data normal, distribusi data skewness positif, dan distribusi data skewness negatif. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penggunaan metode penyetaraan Simplified Circle Arcdapat diterapkan pada sampel kecil dengan berbagai variasi jumlah butir. Namun pada kondisi ukuran sampel 36 dengan jumlah butir 20, penggunaan metode Nominal Weight Mean Equatingdapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode penyetaraan sekor. Penggunaan jumlah butir 20 memberikan kemungkinan penggunaan metode penyetaraan yang lebih fleksibel dengan kondisi ukuran sampel sesuai aturan KEMDIKBUD mengenai jumlah sampel maksimal dalam kelas.Kata Kunci: Penyetaraan Sekor, Simpified Circle Arc, Nominal Weight Mean Equating.Sampel Kecil


Availability

D0161PEP/ds D0161Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0161
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 338 hlm., Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this