No image available for this title

Text

Pengaruh Habits of Mind, Pengetahuan Evaluasi Pembelajaran, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis terhadap Keterampilan Menyusun Instrumen Kognitif: Studi Kausal pada Mahasiswa PGSD FIP UNJ / Maratun Nafiah



Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengembangkan model pengukuran dan model struktural keterampilan menyusun instrumen kognitif mata pelajaran matematika Sekolah Dasar berdasarkan kebiasaan berpikir (habits of mind), pengetahuan evaluasi pembelajaran, kemampuan berpikir kritis matematis pada mahasiswa PGSD FIP UNJ. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode survei kausal. Analisis data menggunakan SEM-PLS(Structural Equation Model-Partial Least Square). Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Habits of mindsecara langsung berpengaruh positif terhadap keterampilan menyusun instrumen kognitif; (2) Habits of mindsecara langsung berpengaruh positif terhadap pengetahuan evaluasi pembelajaran, (3) Pengetahuan evaluasi pembelajaran berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menyusun instrumen kognitif; (4) Habits of mindberpengaruh langsung positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis; (5) Kemampuan berpikir kritis matematis berpengaruh langsung positif terhadap keterampilan menyusun instrumen kognitif; (6) Habits of mindberpengaruh tidak langsung terhadap kemampuan menyusun instrumen kognitif dengan dimediasi pengetahuan evaluasi pembelajaran, dan (7) Habits of mindberpengaruh tidak langsung terhadap keterampilan menyusun instrumen kognitif dengan dimediasi kemampuan berpikir kritis matematis. Kontribusi variabel-variabel habits of mind, pengetahuan evaluasi pembelajaran, dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap keterampilan menyusun instrumen kognitif sebesar 70,1%; kontribusi habits of mindterhadap pengetahuan evaluasi pembelajaran sebesar 32,4%, dan kontribusi habits of mindterhadap kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 21,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel yang dipilih teruji ketepatan modelnya.Kata kunci: Kemampuan Menyusun Instrumen Kognitif, Habits of Mind, Pengetahuan Evaluasi Pembelajaran, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis


Availability

D0163PEP/ds D0163Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0163
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xix, 312 hlm., Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this