No image available for this title

Text

Pengaruh Model dan Cara Penilaian Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Mengontrol Pengetahuan Awal MAtematika Siswa : Suatu eksperimen pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Seram Bagian Timur / Adam Rumbalifar



Penelitian ini bertujuan untukmempelajari pengaruh model penilaian dan cara penilaian terhadap hasil belajar IPA dengan mengontrol pengetahuan awal matematika siswa, penelitian ini dilaksanakan diSMP Negeri 1, SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Bula kabupaten Seram Bagian Timur dengan jumlah populasi 295 siswa.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 X 3 yang menggunakan model rerata sel univariat dengan model Analysis Kovariat(ANKOVA) yang variabelnya terdiri dari: (1) variabel terikat atau variabel respon dan (2) variabel bebas.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil: (1) hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberimodel penilaian tes tertulis lebih tinggi darikelompok yang diberi model penilaian antar temandan model penilaian diri, (2)hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi model penilaian antar temanlebih tinggi darikelompok yang diberi model penilaian diri, (3) hasil belajar IPA kelompok siswa yang diberi cara penilaian analitik lebih tinggi darikelompok yang diberi cara penilaian holistik, (4) terdapat interaksi antara model penilaian dengancara penilaian terhadap hasil belajar IPA,(5)khusus kelompok siswa yang diberi cara penilaian analitik, hasil belajar IPA model penilaian tes tertulis lebih tinggi darimodel penilaian antar temadan model penilaian diri (7)khusus kelompok siswa yang diberi cara penilaian analitik hasil belajar IPA model penilaian antar teman kurang darimodel penilaiandiri,(8)khusus kelompok siswa yang diberi cara penilaian holistik hasil belajar IPA model penilaian tes tertulis lebih tinggi darimodel penilaian antar temandan model penilaian diri, (9)khusus kelompok siswa yang diberi cara penilaian holistikhasil belajar IPA model penilaian antar temankurangdarimodel penilaian diri,(10) khusus kelompok siswa yang menggunakan model penilaian tertulis hasil belajar IPA cara penilaian analitik lebih tinggi daricara penilaian holistik,(13) khusus kelompok siswa yang menggunakan model penilaian antar temanhasil belajar IPA cara penilaian analitik lebih tinggi daricara penilaian holistik, dan(14) khusus kelompok siswa yang menggunakan model penilaian dirihasil belajar IPA cara penilaian analitik lebih tinggi daricara penilaian holistik.Kata kunci: ModelPenilaian, CaraPenilaian, Hasil Belajar IPA, Pengetahuan Awal Matematika


Availability

D0164PEP/ds D0164Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ds D0164
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiii, 415 hlm., Ilus ; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this