Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Kontroversial pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Labschool Jakarta / M. Fakhruddin
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi program pembelajaran sejarah kontroversial di SMA Labschool Jakarta yang meliputi aspek antecedents(perencanaan), transaction(proses) dan outcomes (hasil).Metode penelitian yang digunakan adalahmetodeevaluasi program berdasarkan model Stake dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan studi dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukkan aspekantecedents yangmeliputi kebijakan program, tujuan program, kurikulum, bukupelajaran, sarana prasarana, dan kompetensi guru, menunjukkan bahwa secaraumum sangat sesuai standar program. Aspektransactionyang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, danpenilaian sudah menunjukkan sangat sesuai dengan standar program. Untuk pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial, guru sudah menggunakan strategi pembelajaransejarah kontroversial secara baik. Aspekoutcomesyaitu hasil pembelajaran sangat baik sesuai dengan standar proses yang meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa program pembelajaran sejarah kontroversial dapat dilanjutkan dengan beberapa saran perbaikan.Kata kunci :evaluasi program,pembelajaran sejarah, sejarah kontroversial.
Availability
D0187 | TP/ds D0187 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D0187
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xv, 351 hlm. ; Ilus : 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available