No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Kontroversial pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Labschool Jakarta / M. Fakhruddin



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi program pembelajaran sejarah kontroversial di SMA Labschool Jakarta yang meliputi aspek antecedents(perencanaan), transaction(proses) dan outcomes (hasil).Metode penelitian yang digunakan adalahmetodeevaluasi program berdasarkan model Stake dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan studi dokumentasi.Hasil dari penelitian menunjukkan aspekantecedents yangmeliputi kebijakan program, tujuan program, kurikulum, bukupelajaran, sarana prasarana, dan kompetensi guru, menunjukkan bahwa secaraumum sangat sesuai standar program. Aspektransactionyang meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, danpenilaian sudah menunjukkan sangat sesuai dengan standar program. Untuk pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial, guru sudah menggunakan strategi pembelajaransejarah kontroversial secara baik. Aspekoutcomesyaitu hasil pembelajaran sangat baik sesuai dengan standar proses yang meliputi penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa program pembelajaran sejarah kontroversial dapat dilanjutkan dengan beberapa saran perbaikan.Kata kunci :evaluasi program,pembelajaran sejarah, sejarah kontroversial.


Availability

D0187TP/ds D0187Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0187
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 351 hlm. ; Ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this