Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Mandiri untuk Peningkatan Kompetensi Tata Kelola dan Manajemen Modern Bagi Kandidat dan Pimpinan Aktif Perguruan Tinggi di Indonesia / RICHARDUS EKO INDRAJIT
Penelitian berbasis metoda R&D ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran mandiri untuk meningkatkan kompetensi tata kelola dan manajemen modern bagi kandidat dan pimpinan perguruan tinggi di Indonesia.Metodologi yang dipergunakan adalah Steps of Systems Approach of Educational Research and Developmentdari Borg and Gall (2007) yang memberikan legitimasi penuh pada Model Dick & Carey (1990) sebagai sebuah model penelitian pengembangan. Dengan demikian maka penelitian R&D ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan langkah pertama pada Borg and Gall (1989) dengan keseluruhan langkah pada Model Dick and Carey. Hasil dari penelitian ini adalah produk dengan tiga bentuk. Pertama adalah bentuk fisik, atau buku (printed materials). Struktur dan konten buku ini dirancang agar peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran secara mandiri. Selain topik bahasan, terdapat pula berbagai sesi yang berhubungan dengan tugas, latihan diskusi, dan evaluasi. Buku ini juga dihubungkan dengan internet dengan cara menampilkan sejumlah tautan ke situs-situs di dunia maya. Kedua adalah dalam bentuk modul e-learningyang ditujukan untuk mereka yang ingin belajar secara fully online. Modul elektronik ini dikembangkan untuk dapat dipergunakan di lingkungan Learning Management Systemdengan platform aplikasi open sourceMoodle. Agar dapat dipakai dalam beragam platform berbeda, bahan pembelajaran elektronik ini disimpan dalam format standar SCORM (Shareable Content Object Reference Model). Ketiga adalah bentuk CBT atau Computer-Based Trainingbagi peserta yang memiliki komputer namun terhubung dengan internet berkinerja lambat atau tidak terhubung sama sekali ke jaringan internet. Mengingat bahwa peserta didik di Indonesia memiliki perangkat teknologi yang berbeda-beda, makaproduk ini dikembangkan dalam dua versi media penyimpan, yaitu: CD-ROM dan flash disk.Hasil evaluasi formatif yang melibatkan berbagai pakar, calon peserta didik, dan uji lapangan memberikanevaluasirata-rataSANGAT BAIK terhadap produk yang dihasilkan.Terjadi perubahan kompetensi sebesar 41% terhadap peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran mandiri yang dirancang.Kata kunci: bahan pembelajaran mandiri, penelitian R&D, SCORM
Availability
D0195 | TP/ds D0195 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D0195
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xv, 380 hlm.; Ilus : 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available