No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Industri Mahasiswa Pendidikan Sosiologi /ABDULLAH MUZAKAR



Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil hasi belajar sosiologi industri mahasiswa program studi pendidikan sosiologi Universitas Hamzanwadi Selong yang belajar menggunakan strategipembelajarangroup investigationdan strategi pembelajaran directinstruction. Desain penelitian ini menggunakan desain treatmentby level2 x 2. Dalam desain tersebut variabel bebas terdiri daristrategi pembelajaran group investigationdan strategi pembelajaran directinstruction(A). Variabel bebas atribut diklasifikasikan menjadi 2 yaitu yaitu berfikir kritis tinggi dan berfikir kritis rendah(B).Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistikinferensial yaituanalisis varians (ANAVA) dua jalur 2 x 2dan dilanjutkan uji t Dunnet. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan: 1). Hasil belajar sosiologi industri mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran group investigationlebih tinggi dibanding dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct intruction.2). Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar sosiologi industri. Interaksi dalam hal ini juga dapat diartikan sebagai pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar sosiologi industri yang bergantung pada kemampuan berfikir kritis. 3). Hasil belajar sosiologi industrimahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi yang dibelajarkan denganmenggunakan strategi pembelajaran group investigationlebih besar dibandingkan dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran directinstruction. 4). Hasil belajar sosiologi industrimahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis rendah dan dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran group investigation tidak berbeda secara signifikan dari mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajarandirect instruction.Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Berfikir kritis, Hasil Belajar,Sosiologi Industri


Availability

D0200TP/ds D0200Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0200
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 241 hlm.; Ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this