No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar Mahasiswa FKIP Universitas Halu Oleo / SITTI KASMIATI



Penelitian ini bertujuanuntuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Fisika Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo mulai bulan April sampai Juni 2019.Metode penelitian ini adalah ekperimen semu dengan rancanganfaktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari 94 mahasiswa yang diambil secara Purposif random sampling. Data dianalisismenggunakan ANAVAdua jalur.Hasil penelitian menunjukkanpada 05.0bahwa:(1) hasil belajar mahasiswayang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkurilebih tinggi dibanding denganyang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung;(2) hasil belajar Fisika Dasar mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dibanding dengan yang memiliki gaya belajar visual; (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar;4) hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibanding dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajarn langsung bagi mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik;5) tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran langsung bagi mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual;6) hasil belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual bagi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri;7) tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Fisika Dasar mahasiswa yang memiliki gaya belajar inkuiri dengan yang memiliki gaya belajar visual bagi mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajarn langsungKata kunci:Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar,Hasil Belajar Fisika Dasar Mahasiswa


Availability

D2001TP/ds D2001Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D2001
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxii, 508 +... hlm. ; Ilus :29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this