No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang / Muhammad Isnaini



Penerapan model discovery learningdan inquiry learningserta kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan berpikir kritis Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah PengembanganMedia dan Sumber Belajar Mahasiswa PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Fatah Palembang Tahun Akademik 2019/2020. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dengan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learninglebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar; 3) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovey learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learningpada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; 4) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learninglebih kecil dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Learningpada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Karena itu penggunaan model pembelajaran discovery learning dan inquiry learning keduanyamempunyai interaksi terhadap hasilbelajar pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah.Kata Kunci: Inquiry Learning, Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis


Availability

D0206TP/ds D0206Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0206
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvi, 227 hlm; ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this