Record Detail
Advanced Search![No image available for this title](./images/default/image.png)
Text
Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengembangan Media dan Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang / Muhammad Isnaini
Penerapan model discovery learningdan inquiry learningserta kemampuan berpikir kritis dalam proses pembelajaran dapat meningkatan hasil belajar, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan berpikir kritis Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah PengembanganMedia dan Sumber Belajar Mahasiswa PAI FITK UIN Raden Fatah Palembang. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Semester IV Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK UIN Raden Fatah Palembang Tahun Akademik 2019/2020. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dengan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery Learninglebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar; 3) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovey learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learningpada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; 4) Hasil belajar mata kuliah pengembangan media dan sumber belajar antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Discovery Learninglebih kecil dan kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Learningpada mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Karena itu penggunaan model pembelajaran discovery learning dan inquiry learning keduanyamempunyai interaksi terhadap hasilbelajar pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah.Kata Kunci: Inquiry Learning, Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis
Availability
D0206 | TP/ds D0206 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D0206
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2020 |
Collation |
xvi, 227 hlm; ilus : 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available