No image available for this title

Text

Program Pembelajaran Sejarah Lokal di Perguruan Tinggi / JUMARDI



Sejarah lokal memiliki kegunaan edukatif, kegunaan inspiratif, kegunaan rekreatifdan kegunaan instruktiF. Sejarah lokal berguna merangsang mahasiswa untuk lebih mencintai daerahnya dan menumbuhkan cinta akan sejarah bangsanya.Penelitianinibertujuan untuk mengevaluasi bagaimana prosedur perencanaan program pembelajaran sejarah lokal pada program studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka, mengevaluasi permasalahan yang melingkupi program pembelajaran sejarah lokal dan menyusun upaya yang dapat dilakukan bagi perbaikan program pembelajaran sejarah lokal. Penelitian menggunakan metodeillmuninativedengan pendekatanmix method. Wawancara dan observasi dilakukan kepada 50 mahasiswa yangsudahmengambil pembelajaran sejarah lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,hanya 12% yang mampu menguasai dan mengerti makna pembelajaran sejarah lokal. Hal tersebut, menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah lokal belum mencapai learning outcome. Hal ini mengindikasikan proses pembelajaran sejarah lokal di program studi PendidikanSejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka belum maksimal. Hasil penelitian dapat menjadi acuan untuk melakukan evaluasi dan perubahan metode pembelajaran kepada pengajar.Kata kunci : Evaluasi Program, Pembelajaran dan Sejarah Lokal


Availability

D0209TP/ds D0209Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0209
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 228 hlm.; Ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this