No image available for this title

Text

Pengembangan Model Blended Learning Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan Program Studi Pendidikan Agama Islam /ISMAIL MARZUKI



Tujuan dari penelitian ini adalah untukpengembangan blended learningmata kuliah evaluasi pendidikan dengan menghasilkan suatu produk bahan pembelajaran. Menghasilkan produk utama cetak berupa bahan pembelajaran mata kuliah evaluasi pendidikan program studi Pendidikan Agama Islam, kelas onlineuntuk pembelajaran online learning,buku panduan bagi dosen dan panduan bagi mahasiswa sebagai prasyarat untuk mempelajari mata kuliah evaluasi pendidikan dengan desain blended learning. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Dickand Careyyang terdiri dari tigatahap yaituperencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap uji produk diawali dengan uji pakar desain pembelajaran, pakar materi, pakar bahasa dan pakar media. Selanjutnya dilakukan uji coba satu-satu dengan mahasiswa sebanyak 3 mahasiswa, uji coba kelompok kecil sebanyak 10 mahasiswa, dan uji coba lapangan sebanyak 30 mahasiswa. Hasil penelitian dari penilaian para pakar yaitu diperoleh hasil dari pakar desain pembelajaran dengan rata-rata nilai (4.46) yang berarti produk tersebut sangat baik, pakar materi (4.44) yang berarti produk tersebut sangat baik,pakar bahasa (4.60) yang berarti produk tersebut sangat baik, pakar media cetak (4.82) yang berarti produk tersebut sangat baik, dan pakar media non cetak (4.58) yang berarti produk tersebut sangat baik.Kemudian pada tahap uji coba satu-satu dengan tiga mahasiswa 90,91% sangat layak, uji coba kelompok kecil 95,28% sangat layak, dan uji coba lapangan 96,10% sangat layak.Kesimpulannya bahan pembelajaran produk tersebut sangat layak digunakan, setelah dilakukan perbaikan-perbaikan berdasarkan saran dan masukan dari para pakar. Hasil uji efektifitas produk bahan pembelajaran menunjukkan bahwapada hasil uji t sampel berpasangandiperoleh nilai p-value = 0,000 yang berarti bahwa p-value < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-testdan nilai post-test dalam penggunaan model pembelajaran blended learningmata kuliah evaluasi pendidikan dalam proses pembelajaran. Katakunci:Blended learning,evaluasi pendidikan,bahan pembelajaran, Online Learning, kelase


Availability

D0211TP/ds D0211Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0211
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxii, 514 hlm.; Ilus : 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this