Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama dengan Pendekatan Klarifikasi Nilai / SITI KHADIJAH
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menekankan pada pencapaian sikap spiritual dan sosial yang selama ini kurang mendapat perhatian serius. Apalagi dengan tingginya arus informasi negatif di lingkungan siswa yang jika tidak mendapat perhatian optimal akan berdampak pada moral dan moralitas siswa yang semakin meningkat. Penelitian ini menawarkan pendekatan klarifikasi nilai untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memilih, berkomunikasi, dan menerapkan nilai-nilai yang ada dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian ini adalah metode campuran dengan Penelitian dan Pengembangan (R dan D). Penelitian ini menggunakan model Rowntree Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP. Model yang dikembangkan telah melalui evaluasi dari materi, desain pengajaran, dan ahli media, yang kemudian dievaluasi secara formal pada satu ke satu, kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa, rata-rata skor pretest siswa 52,8 dan post-test 84,4. dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 31,6. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar siswa dan model yang layak digunakan.Kata kunci” pengembangan model pembelajaran, pendidikan agama islam, pendekatan klarifikasi nilai
Availability
D0215 | TP/ds D0215 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D0215
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2019 |
Collation |
xxiii, 259 hlm. ; Ilus: 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available