No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Praktik Pembelajaran Melalui Program Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Lesson Study pada Calon Guru Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Pontianak / FAHRUL RAZI



Secara umum Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melaksanakan praktik pembelajaran dalam program pengalaman Lapangan (PPL) melalui model Lesson Study. Metode yang digunakan adalah Kualitatif dengan prosedur kerja menggunakan model penelitian tindakan Stephen Kemmis dan Robin MC. Taggart yang menggunakan suatu siklus spiral yang dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Data dikumpulkan dengan inventori, lembar pengamatan, FGDdan dokumentasi. Validasi isi dianalisis dengan expert judgement, sementara analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model lesson study yangdiimplementasikan pada kegiatan PPL Kependidikan dapat meningkatkan kemampuan mengajar calon guru PAI di IAIN Pontianak.Hasil penelitian ini merekomendasikan agar pelaksanaan PPL Kependidikan dilaksanakan dengan pendekatan Lesson Study.Penelitianiniberbedadenganpenelitian-penelitiansebelumnya, sekurang-kurangnyadalamduahal, yakni: (a) metodologipenelitian yang dipakai, dan (b) temuanpenelitian. Jikapenelitian-penelitianterdahulumengkaji secarakualitatifdansubyeknyaadalahmahasiswacalon gurumatematika, kimia, biologidanbahasaInggeris, padapenelitianinimetoda yang dipakaiadalah Action research dengansubyekcalon guru PAI, sehinggaadavariasidalammengimplementasikan Lesson Studydi ruangkelas. Dari sisilain, temuanhasilpenelitian-penelitianterdahululebihterfokuspadapeningkatankemampuanmengajarmahasiswacalon guru, danpentingnyakolaboratifdalampembelajaran disatupihak, di lain pihakpenelitianini di sampingmeneguhkanhasilpenelitianterdahulujugamenemukanpentingnyapelibatansecaraaktifdosenpembimbingdan guru pamong sebagai ―pakar‖ dalamkolaborasiantar mahasiswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mahassiswa dalam melaksanakan praktik pembelajaran. Secara jelas bahwa penerapan model Lesson Studypada tindakan satu satu sampai dengan dengan tindakan keempat/kelima pada masing-masing sekolahmasih dalam kategorisangat terampil, sebab perolehan skorterendah padatindakan satu adalah 43,33, dan skor tertinggi pada tindakan kelimamemperoleh skor 46,66, dengan nilai rata-ratanya sebesar 45,76Sedangkan perolehan skor tersebut berada pada rentang40.2 –50.00.Rentang tersebut dalam kategori sangat terampil.Karena itu, penerapan model lesson study dalam kegiatan praktik pembelajaran ini dicukupkan.Kata Kunci: Penelitian Tindakan, Program pengalaman lapangan, Lesson Study


Availability

D0218TP/ds D0218Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0218
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 413 hlm.; Ilus:29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this