Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Game Pembelajaran Berbasis Android untuk Trauma Healing pada Anak Pasca Bencana di Daerah Bencana/ RAFIKA BAYU KUSUMANDARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game pembelajaran berbasis androiduntuk trauma healing pada anak pasca bencana di daerah bencana.Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D).Hasil penelitian: Dalam penelitianini dihasilkan game learningberbasis android. Setelah pengembangan model Draft I selesai dilakukan uji ahli pembelajaran matematika yang meliputi aspek materi, pembelajaran, dan media dalam satu kesatuan sebagai gamepembelajaran dengan mengambil mata pelajaran matematika. Secara umum diluar hal-hal yang dirubah, para pakar menilai media ini sudah baik secara materi, pembelajaran, bahasa dan media, mereka memberi skor semuanya 85 ke atas. Model draft II merupakan revisi dari model draft I berdasarkan saran dan masukan dari dua orang ahli. Saat melakukan uji validasi dengan ahli pembelajaran matematika, peneliti menampilkan game learningtersebut kemudian ahli memberikan saran dan masukan. Masukan yang diterima meliputi aspek media danmedia pembelajaranyang digunakan dalam media(gamepembelajaran) ini. Hasil pengembangan produk dilakukan uji kelayakan secara teoritik dan empiris. Proses uji kelayakan dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu Uji ahli, uji one to one, uji kelompok kecil, uji kelompok besar dan uji lapangan. Setelah melalui serangkaian uji kelayakan maka ditetapkan hasil produk pengembangan ini adalah berupa “Game LearningBerbasis Android untuk Trauma Healing pada Anak Pasca Bencana”. Lokasi penelitian dilaksanakan di di Kabupaten Banyumas tepatnya di Dusun Ciwaras, Desa Cihonje Kecamatan Gumelar yang dilaksanakan mulai bulan Maret sampai bulan September 2018. Terdapat 17 anak korban bencana yang menjadi objek penelitian. Program game learningberbasis android ini bisa diinstal ke HP anak-anak karena hampir 100% anak-anak memiliki HP android seri terbaru dengan kapasitas besar. Dari 7x pertemuan, terlihat adanya peningkatan hasil perolehan skor anak dan semakin cepatnya anak-anak dapat menyelesaikan game pembelajaran. Hal ini menunjukkanberkurangnya traumayang anak-anak alami pasca bencana.Kata Kunci : Game Learning, Android, TraumaHealing, Anak, Pasca Bencana
Availability
D0220 | TP/ds D0220 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D0220
|
Publisher | : Pascasarjana UNJ., 2019 |
Collation |
xi, 208 +...hlm,: Ilus; 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available