No image available for this title

Text

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Cirebon / AHMAD RIPAI



Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Dick & Carey . Sampel penelitian siswa kelas IX SMPN 4 Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran bahasa Cirebon. Proses evaluasi dan revisi dilakukan untuk mengetahui kelayakan multimedia baik secara teoretis maupun empirik. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan ahli isi (materi), ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan.

Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukan, pertama, Karena t hitung, 3,0569E-18 atau = 3,0569 x 10-18 lebih kecil dari t tabel pada taraf signifikansi (α) 0,05 sebesar 2,034515, maka tolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Cirebon dengan menggunakan program Multimedia Interaktif yang dikembangkan, efektif dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa.

Kedua, Mean skor sesudah menggunakan multimedia bahasa Cirebon lebih tinggi (lebih baik) dari pada sebelum menggunakan multimedia bahasa Cirebon, hal ini diperlihatkan pada tabel Paired Sample Statistics, dimana mean skor sebelum menggunakan multimedia bahasa Cirebon adalah sebesar 50,44117647 sedangkan mean skor sesudah menggunakan multimedia bahasa Cirebon adalah sebesar 65,88235294. Artinya multimedia bahasa Cirebon memiliki pengaruh signifikan.

Ketiga, karena program multimedia bahasa Cirebon memberikan pengaruh signifikan, maka keputusan untuk mengembangkan program multimedia bahasa Cirebon adalah memiliki signifikansi secara praktis



Kata kunci : Pengembangan, Multimedia pembelajaran, Bahasa Cirebon


Availability

D0221TP/ds D0221Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D0221
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 267 hlm.:Ilus;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this