No image available for this title

Text

Pengaruh Diklat Dasar dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Penilaian Perkembangan Anak : Studi expost facto pada pendidik kelompok bermain di Provinsi Jawa Barat / LENNY NURAENI



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diklat dasar dan self regulated learningterhadap kemampuan penilaian perkembangan anakbagi pendidik kelompok bermain di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian expost facto, dengan sampel pendidik kelompok bermain yang telah mengikuti diklat dasar dalam jaringan (daring) dan diklat dasar tatap muka. Penelitian ini menggunkan cluster sampling dengan menentukan Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi Jawa Barat tahun 2019. Sampel yang digunakan sebanyak 392 orang pendidik kelompok bermain yang terdiri dari 196 orang yang telah mengikuti strategi diklat (98 orang mengikuti strategi diklat dalam jaringan dan 98 orang mengikuti strategi diklat tatap muka) serta 196 orang memiliki self regulated learning(98 orang memiliki self regulated learningtinggi dan 98 memiliki self regulted rendah). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) strategi pelatihan dalam jaringan (daring) mempengaruhi kemampuan penilaian perkembangan anak bagi pendidik kelompok bermain dibandingkan dengan strategi pelatihan tatap muka (7,218>3,87), 2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara diklat dasar dan self regulated learningterhadap kemampuan penilaian perkembangan anak, 3) skor kemampuan penilaian perkembangan anak dengan self regulated learningtinggi, pada kelompok pendidik yang mengikuti diklat dasar dalam jaringan (daring) lebih tinggi daripada kelompok pendidik yang mengikuti diklat dasar tatap muka (252,38>236,17), 4) skor kemampuan penilaian perkembangan anak dengan self regulated learningrendah, pada kelompok pendidik yang mengikuti diklat dasar dalam jaringan (daring) lebih rendah daripada kelompok pendidik yang mengikuti diklat dasar tatap muka (236,50


Availability

D0232PAUD/ds D0232Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ds D0232
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
ix, 233+.. hlm; 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this