Record Detail
Advanced SearchText
Pendidikan Karakter Melalui Manajemen Peserta Didik Studi Kasus di SMP Labschool Jakarta /USWADIN
Tantangan perilaku negatif siswa telah dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan karakter menjadi fokus utama dalam kurikulum saat ini. Sekolah laboratorium adalah model sekolah yang terintegrasi dengan universitas kependidikan. SMP Labschool Jakarta adalah salah satu sekolah laboratorium dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Disertasi ini bertujuan untuk mengeksplorasi Pendidikan Karakter melalui Manajemen Peserta Didik. Penelitian ini melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua dan siswa. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metodologi dengan pengumpulan data berganda melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan beberapa strategi manajemen peserta didik dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti proses penerimaan siswa, masa orientasi siswa, ekstrakurikuler dan program kegiatan pembinaan kesiswaan. Sekolah ini memadukan strategi dari dalam membangun kepemimpinan dan keterlibatan siswa dan menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian integral dari proses pendidikan. Pengembangan karakter telah berhasil diimplementasikan dengan kolaborasi dan tanggung jawab bersama dari kepala sekolah, orang tua, dan masyarakat. SMP Labschool Jakarta telah mengembangkan pendekatan secara komprehensif untuk pengembangan emosional, intelektual, dan moral bagi para siswa. Kata kunci: Manajemen peserta didik, pendidikan karakter, labschool, studi kasus
Availability
D0286 | MP/ds D0286 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D0286
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2019 |
Collation |
xviii, 435 hlm,;Ilus :29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available