No image available for this title

Text

Pendidikan di Daerah Perbatasan : Studi Kasus di Kecamatan Krayan Kalimantan Utara / Farid Wadjdy



Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan pemerintah dalam pengelolaan pendidikan, peran serta masyarakat, dan aksesibilitas. Metode yang digunakan adalah kualitatif dibingkai teori dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian tentang kebijakan pemerintah; pemberlakuan kebijakan khusus dalam bantuan operasionasi sekolah nasional, memberikan dana blockgrand, tunjangan khusus daerah perbatasan bagi guru dan tenaga kependidikan. Peran serta masyarakat adalah membangun asrama secara gotong royong, memberikan bantuan makan siswa tinggal di asrama, kepala adat berperan legalisasi tanah sekolah,pelestarian budaya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan pendidikan berupa peningkatan nasionalisme dibantu Tentara Nasional Indonesia, sarana dan prasarana sekolah di bawah standar nasional,guru dan karyawan kurang disiplin, dan kepengawasan belum berfungsi maksimal. Aksesibilitas masih sulit karena terhalang oleh pegunungan dan sungai, hanya dapat dijangkau dengan pesawat perintis,guru setelah mendapat tugas ke luar daerah, terlambat masuk kerja 2 minggu,sekolah tidak ada jaringan internet,para guru untuk dapat mengakses internet dengan meninggalkan tugas sampai satu minggu.Keyword: Kebijakan publik, peran serta masyarakat,dan aksesibilitas


Availability

D0299MP/ds D0299Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D0299
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
vi, 325 hlm. : ilus. ; 27,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this