No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Program Sekolah Adiwiyata : Studi pada sekolah dasar di kota Tangerang Banten / Mahruf Budiharsojo



Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimanakah model evaluasi CIPP diterapkan di program sekolah Adiwiyata yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tanah Tinggi 3 dan Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Kota Tangerang. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Subyek penelitian ini adalah penyelenggara Program Sekolah Adiwiyata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan medote. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan program sekolah adiwiyata telah berjalan dengan baik sesuai dengan aspek yang dievaluasi. 1) Pada aspek evaluasi contexttelah berjalan dengan baik sesuai dengan aspek yang dievaluasi; 2) Pada aspek input, bahwa penyelenggaraan program sekolah adiwiyata telah menjalankan tanggungjawabnya; 3) Pada aspek process, kegiatan perencanaan hingga evaluasi sudah berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan kegiatan, hanya saja masih terdapat hambatan dan kendala yang dihadapi dalam proses monitoring dan evaluasi; 4) Pada aspek product, tim Adiwiyata telah mencapai tujuan program. Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Program Sekolah Adiwiyata.


Availability

D0316MP/ds D0316Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D0316
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 345 hlm, ; Ilus: 29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this