No image available for this title

Text

Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Sekolah Kejuruan Dasar Teknik (SEJURSARTEK) TNI Angkatan Udara/ Khaerudin



Melalui program pendidikan dapat menghasilkan personel TNI Angkatan Udara yang profesioanal, program pendidikan tersebut adalah sekolah kejuruan dasar teknik (Sejursartek) dan sejak diimplementasikan dalam sistem pendidikan TNI Angkatan Udara belum pernah dilakukan evaluasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi Program Pendidikan sekolah kejuruan dasar teknik (sejursartek) TNI Angkatan Udara. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan model evaluasi CIPP yang terdiri dari komponen Context, Input, Process, dan Product. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Validasi data dilakukan dengan triangulasi. Selanjutnya data dianalisis untuk mendapatkan hasil penelitian.

Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1) Evaluasi konteks (context evaluation), memperoleh nilai kategori baik sekali (89%) 2) Evaluasi input (input evaluation), memperoleh nilai kategori baik sekali (80%) 3) Evaluasi proses (process evaluation), memperoleh nilai kategori baik sekali (78%) dan 4) Evaluasi produks (products evaluation), memperoleh nilai kategori baik sekali (85%).

Evaluasi program pendidikan secara keseluruhan, menunjukkan hasil program pendidikan sangat efektif (79,6% kategori baik sekali), berarti program pendidikan efektif untuk mencapai tujuan peningkatan kompetensi personel Bintara teknik pemeliharaan pesawat terbang. Dengan demikian, implementasi program pendidikan sekolah kejuruan dasar teknik (sejursartek) TNI Angkatan Udara, layak untuk dilanjutkan dan dikembangkan, namun peningkatan manajemen, dan perlu dilakukan pembenahan-pembenahan sesuai kebutuhan, guna peningkatan yang berkelanjutan.
Kata kunci: Evaluasi Program, Pendidikan sejursartek, Model Evaluasi CIPP.


Availability

D0331MP/ds D0331Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable but not for loan - Repair
D0684MP/ds D0331Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxi, 325 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this