No image available for this title

Text

Pengaruh Motivasi Belajar, Konsentrasi, Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Jepang pada Mahasiswa Universitas Riau : Penelitian Analisis Jalur pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Semester IV, Universitas Riau/ MERRI SILVIA BASRI



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh langsung dan tidak langsung antara motivasi belajar, konsentrasi, dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang.Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa bahasa Jepang di Universitas Riau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode survei dengan teknik pengukuran dan tes, sedangkan teknik analisis menggunakan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi menggunakan populasi sasaran adalah seluruh mahasiswa semester IV bahasa Jepang di Universitas Riau berjumlah 52 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total (total sampling).Pengujian hipotesis pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang sebesar -0,311. Pengaruh konsentrasi terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang sebesar 0,309. Pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang sebesar 0,281. Pengaruh motivasi belajar terhadap penguasaan kosakata sebesar 0,287. Pengaruh konsentrasi terhadap penguasaan kosakata sebesar 0,410. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang pada mahasiswa bahasa Jepang Universitas Riau; (2) terdapat pengaruh positif antarakonsentrasi keterampilan menyimak bahasa Jepang pada mahasiswa bahasa Jepang Universitas Riau; (3) terdapat pengaruh positif antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang pada mahasiswa bahasa Jepang Universitas Riau; (4) terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar terhadap penguasaan kosakata pada mahasiswa bahasa Jepang Universitas Riau; (5) terdapat pengaruh positif antara konsentrasi terhadap penguasaan kosakata pada mahasiswa bahasa Jepang UniversitasRiau.
Kata Kunci:motivasi belajar, konsentrasi, penguasaan kosakata, keterampilan menyimak bahasa Jepang.


Availability

D0397LT/ds D0397Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0397
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 187 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this