No image available for this title

Text

Pengembangan Buku Pengayaan Kosakata dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Tambatan Leksikal/ Atikah Solihah



Bahan ajar utama dalam pembelajaran adalah buku pelajaran. Selain itu, terdapat buku pengayaan yang dapat menyempurnakan pengetahuan peserta didik. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, persepsi kosakata peserta didik terhadap buku pelajaran merupakan pintu dalam memahami materi pelajaran tersebut. Berdasarkan penelitian pendahuluan diketahui bahwa peserta didik jenjang SMP masih banyak yang tidak mengetahui 200 kosakata yang kekerapannya rendah di dalam buku pelajaran. Untuk itu, dibutuhkan penelitian pengembangan buku pengayaan yang akan menguatkan pengetahuan, pemahaman, dan pemanfaatan kosakata peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan campuran (mix method) antara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan kosakata dalam pelajaran Bahasa Indonesia berbasis tambatan leksikal. Penelitian dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tengerang selama tahun 2019—2020. Korpus penelitian ini adalah buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII, kelas VIII, dan Kelas IX. Desain penelitian pengembangan yang dipilih adalah model desain yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi delapan langkah. Teknik pengambilan data dilakukan dengan survei. Instrumen penelitian yang digunakan berupa rubrik dan kuesioner. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa persentase kosakata yang biasa digunakan peserta didik sebesar 28% di kelas VII, 31% di kelas VIII, dan 39% di kelas IX. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlu dilakukan peningkatan pemahaman kosakata peserta didik, salah satunya dengan buku pengayaan kosakata. Dari penggunaan kosakata diketahui pula dibutuhkan penjenjangan dalam hal tipe dan token dalam buku teks karena data yang ada menunjukkan belum ada penjenjangan kosakata tersebut. Berdasarkan analisis pemetaan materi kosakata di dalam buku pelajaran diketahui terdapat 142 pola pembentukan kosakata. Rancangan materi buku pengayaan kosakata tersebut digradasikan dengan berdasarkan kompleksitas pembentukan kata, mulai dari pola kata berafiks tunggal, berafiks gabung, berafiks jamak, kata berklitik, kata berafiks berklitik, kata berafiks berpartikel, kata bentuk terikat, dan kata majemuk berafiks. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa model pertama dinyatakan layak. Hasil keterbacaan menunjukkan bahwa untuk lima kriteria nilai rerata di atas 2,3 atau dengan kategori sangat baik. Dengan pengembangan buku pengayaan berbasis tambatan leksikal melalui tujuh hal, yaitu pola kata, penjelasan pola kata, tabel pembentukan, contoh kata, makna leksikal contoh, konteks kalimat, serta ilustrasi visual diharapkan kosakata peserta didik dapat diperkaya.


Availability

D0406LT/ds D0406Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0406
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xxiv, 441 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this