No image available for this title

Text

Protagonisme dan Antagonisme dalam Teks Berita Pemilihan Presiden Indonesia/ Benedictus Sudiyana



Penelitian ini bertujuan memperoleh pemahaman yang mendalam tentangprotagonisme dan antagonisme dalam teks berita pemilihan presiden Indonesia yang ditinjau dari (1) aspek appraisal, (2) aspek linguistik, dan (3) aspek ideologi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdengan metode analisis isi kualitatif terhadap teks berita pemilihan presiden Indonesia dalam surat kabar Kompas, Media Indonesia, Republika, Sinar Harapan,dan Suara Pembaharuanpada periode terbitan antara Januari –Februari 2019. Data berupa kata, kelompok kata, klausa, kalimat, paragraf, dan atau teks yang memiliki karakteristik ekspresi protagonis dan atau antagonisdalam konsep ideologi dinamis Martin. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen utama peneliti dengan alat bantu lembar catatan sebagaipenetapan unit analisis, pengkodean, dan klasifikasi. Prosedur analisis data menggunakan alur konstruksi, karakterisasi atas reaksi-reaksi sebagai data;interpretasi serta pemaparan sistematisasi, kategorisasi, dan pembandingan dengan hasil-hasil data-tersebut menjadi informasi;mengecek informasi yang bersumber dari asumsi-asumsi awal teoretis untuk dikoreksi dan atau diperkuat(prosedur Mayring). Simpulannya (1) aspek appraisal protagonisme antagonisme menunjukkan adanya strategi pemilihan appraisal dilandasi fungsi sosial bahasa, yakni kolaboratif dan konvivial untuk tujuan bahasa dalam kelompoknya, dan kompetetif konfliktif untuk ditujukan kepada pihak kelompok oposisi. Strategi ini teridentifikasi dalam pemakaian sikap, graduasi dan pemosisian; (2) aspek linguistik tentang protagonisme dan antagonisme menunjukkan strategi pemilihan bentuk leksis dan leksikogramatika, mengarah pada pemberdayaan orientasi ideologi atau kekuasaan. Fenomena pilihan bahasa kearah pemihakan dimunculkan oleh protagonisme dan antagonisme terkait upaya perjuangan sosialnya. Pilihan leksis memberikan pemberdayaan pesan, leksikogramatika memberikan penguatan pada partisipan untuk pilihan mendukung pro, atau menolak (kontra). Teks menunjukkan keberadaan penutur terhadap isi, orientasi, dan maksud yang dituturkan. dan (3) aspek ideologi tentangprotagonisme dan antagonisme teridentifikasi dalam teks beritayangdidukung melalui aksi-aksi yang memberikan kekuatan untuktujuan sosialnya. Legitimasi dengan rasionalisasi, otorisasi, moralisasi;menutupi realitas negatif digunakan dissimulasi, untuk memperkuat posisi sosial melalui pilihan simbol,menunjukkan eksistensi digunakan fragmentasi, untuk merealisasikan gagasan khalayak dilakukan melalui pilihan rifikasi, seprti naturalisasi dan eksternalisasi.
Kata Kunci: analisis appraisal, ideologi bahasa, protagonisme, antagonisme, teks berita


Availability

D0408LT/ds D0408Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0408
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxii, 535 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this