Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Mengembangkan Perangkat Penilaian Keterampilan Menulis Teks Deskripsi : Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa S1 di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNJ/ EDI PURYANTO

No image available for this title
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNJ. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan sampel berjumlah 30 mahasiswa. Sampel 3PB1berjumlah 16 orang diperlakukan dengan strategi metakognisi dan sampel 3 PB2 berjumlah 14 orang diperlakukan dengan strategi advance organizer. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi dan tes pengetahuan awal. Setelah melakukan pengujian hipotesis dengan uji ANAVA dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi antara mahasiswa yang diberi perlakuan dengan strategi metakognisi dan strategi advance organizer. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (strategi metakognisi dan strategi advance organizer) dan pengetahuan awal (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil belajar kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi mahasiswa dipengaruhi strategi pembelajaran dan pengetahuan awal. Setelah dilakukan uji lanjut dengan uji Scheffe diperoleh hasil penelitian sebagai berikut.(3) Terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengembangkan perangkat penilaian menulis teks deskripsi mahasiswa antara yang diberi perlakuan strategi metakognisi dan memiliki pengetahuan awal tinggi dengan mahasiswa yang diberi perlakuan dengan strategi advance organizerdan memiliki pengetahuan awal tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengembangkan perangkat penilaian menulis teks deskripsi mahasiswa antara yang diberi perlakuan strategi metakognisi dan memiliki pengetahuan awal rendah dengan mahasiswa yang diberi perlakuan dengan strategi advance organizerdan memiliki pengetahuan awal rendah.
Kata kunci: keterampilan menulis teks deskripsi, pengetahuan awal, perangkat penilaian, strategi metakognisi, strategi advance organizer
Availability
D0420LT/ds D0420Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

LT/ds D0420

Publisher

Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

xxiv,292 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

LT/ds

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.