No image available for this title

Text

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Mengembangkan Perangkat Penilaian Keterampilan Menulis Teks Deskripsi (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa S1 di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNJ)/ Edi Puryanto



Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, UNJ. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental dengan sampel berjumlah 30 mahasiswa. Sampel 3PB1berjumlah 16 orang diperlakukan dengan strategi metakognisi dan sampel 3 PB2 berjumlah 14 orang diperlakukan dengan strategi advance organizer. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi dan tes pengetahuan awal. Setelah melakukan pengujian hipotesis dengan uji ANAVA dapat diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi antara mahasiswa yang diberi perlakuan dengan strategi metakognisi dan strategi advance organizer. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (strategi metakognisi dan strategi advance organizer) dan pengetahuan awal (tinggi dan rendah) terhadap kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil belajar kemampuan mengembangkan perangkat penilaian keterampilan menulis teks deskripsi mahasiswa dipengaruhi strategi pembelajaran dan pengetahuan awal. Setelah dilakukan uji lanjut dengan uji Scheffe diperoleh hasil penelitian sebagai berikut.(3) Terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengembangkan perangkat penilaian menulis teks deskripsi mahasiswa antara yang diberi perlakuan strategi metakognisi dan memiliki pengetahuan awal tinggi dengan mahasiswa yang diberi perlakuan dengan strategi advance organizerdan memiliki pengetahuan awal tinggi. (4) Terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan mengembangkan perangkat penilaian menulis teks deskripsi mahasiswa antara yang diberi perlakuan strategi metakognisi dan memiliki pengetahuan awal rendah dengan mahasiswa yang diberi perlakuan dengan strategi advance organizerdan memiliki pengetahuan awal rendah.
Kata kunci: keterampilan menulis teks deskripsi, pengetahuan awal, perangkat penilaian, strategi metakognisi, strategi advance organizer


Availability

D0420LT/ds D0420Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0420
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xxiv,292 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this