No image available for this title

Text

Model Bahan Ajar Bahasa Inggris untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Kontekstual: Penelitian Pengembangan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta/ Nidya Chandra Muji Utami



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model bahan ajar bahasa Inggris untuk pendidikan guru sekolah dasar berdasarkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner, wawancara, dan tes (tes rumpang dan tes formatif). Data dianalisis dengan menggunakan kedua metode kuantitatif (tes T berpasangan dan Koefisien Cohen Kappa) dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) bahan ajar bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk program studi pendidikan guru sekolah dasar adalah materi yang meliputi tema-tema “General English, English for Instructions, dan English Language Teaching for Elementary School” yang dikembangkan berdasarkan pendekatan kontekstual (b) bahan ajar yang dipergunakan sebelumnya tidak dapat secara memuaskan mengakomodir kebutuhan-kebuthan bahasa Inggris khusus dosen bahasa Inggris dan mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar, (c) model bahan ajar dikembangkan dengan berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan dan terdiri dari atas elemen-elemen masukan (input), isi (content), bahasa (language) dan pelatihan (task) dalam konteks yang kontekstual (d) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi unsur kepraktisan bahan ajar yang ditunjukkan dengan validasi ahli dimana memiliki skor Koefisien Cohen Kappa sebesar 0,654 dan skor tes keterbacaan antara 72,82% hingga 76,50% dalam evaluasi satu ke satu dan antara 68,38% hingga 73,33% dalam evaluasi kelompok kecil, (e) bahan ajar yang dikembangkan secara efektif telah dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris khusus bagi penggunanya.
Kata kunci: Bahan ajar, Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Guru Sekolah Dasar


Availability

D0424LT/ds D0424Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D0424
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxxii, 471 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this