Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan Kemampuan Awal Siswa terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas III di SDN Jurang Manggu Barat 01 Tangerang Selatan/ Febriyanti
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksimatematika siswa di kelas III Sekolah Dasar.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain treatment by level2x2 dengan 20 sampel. Analisis data menggunakan analisis varian dua cara dan diikuti dengan uji Tukey untuk tingkat signifikasi α = 0,05. Uji normalitas data menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). kemampuan koneksi matematika pada siswa yang diajarkan dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional. 2). Terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan koneksi matematika siswa.3).Kemampuan koneksi matematika siswa sekolah dasar antara siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan Konvensional yang memiliki kemampuan awal tinggi. 4). Kemampuan koneksi matematika siswa sekolah dasar antara siswa yang belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang memiliki kemampuan awal rendah lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan pendekatan konvensional yang memiliki kemampuan awal rendah. Kata Kunci:Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Pendekatan Konvensional, Kemampuan Awal, Kemampuan Koneksi Matematika.
Availability
T0326 | PD/ts T0326 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0326
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2019 |
Collation |
xix, 190+...hlm.: 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available