Record Detail
Advanced SearchText
Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar/ Emiliana Ety Hapsari
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan untuk pengambilan data dilaksanakan di SD Regina Pacis Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, dokumentasi, dan observasi.Responden sumber data yaitu guru dan siswa kelas IVSD yang berjumlah 18 orang. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi melalui penyajian data dengan menggunakan grafik, diagram atau tabel, serta adanya penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar melalui penerapan pendekatan saintifik. Peningkatan hasil belajar IPA ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar secara kognitif, afektif, dan psikomotor. Berdasarkan aktivitas kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan melalui pendekatan saintifik juga mengalami peningkatan hal ini ditunjukkan melalui tahapan proses pembelajaran saintifik yang membuat pembelajaran berpusat pada siswa melalui tahapan kegiatan saintifik yaitu mengamati, menyanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan sudah berjalan dengan efektif dan proses pembelajaran yang terjadi melalui pendekatan saintifik mampu membuat siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan hasil belajar IPA dengan pendekatan saintifik dilakukan dengan cara mengkondisikan siswa secara aktif untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang mengasah kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Kata kunci: hasil belajar IPA, pendekatan saintifik
Availability
T0323 | PD/ts HAP 2019 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0323
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2019 |
Collation |
xxiv, 399 hlm. ;Ilus : 29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) | |
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available