Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Penilaian Autentik dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SDN Cibubur 04 Jakarta Timur/ Yunita Lesmanawati
Penilaianautentik memegang perananpenting sebagaiassesmenuntuk pengajarandalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan pengaruh penilaian autentik dan Self Regulated Learning (SRL) terhadap kemampuan berpikir kreatifmatematis.PenelitiandilakukandikelasVI SDNCibubur04JakartaTimurpada Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancanganTreatmentby Level2x2.Sampelpenelitiansebanyak 60siswa,meliputi30 kelompok eksperimendan 30kelompokkontrol.Penentuan sampelmenggunakanteknik clusterrandomsampling. Datadikumpulkanmenggunakantesdandianalisisdengan ANOVA 2 Jalan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatifmatematissiswayang diberipembelajarandenganpenilaianautentik lebihtinggi daripadasiswa yangdiberipenilaiankonvensional;2)Terdapatpengaruh interaksi penilaian autentik danSRLsebesar (71,71%) terhadapkemampuanberpikirkreatif matematis; 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi penilaian autentik lebih tinggidaripadasiswa yang diberipenilaiankonvensionaluntuk siswayang memilikiSRLtinggi,dan4)Kemampuanberpikirkreatifmatematis siswayang diberi penilaianautentik lebihrendahdaripadasiswayangdiberipenilaiankonvensionaluntuk siswayangSRLrendah. Kesimpulanpenelitianiniadalahbahwapembelajarandengan penilaianautentik lebihefektifmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematis dibandingkanpenilaian konvensional.Pengaruhpenilaian terhadapkemampuan berpikir kreatifmatematis bergantungpadatinggiatau rendahnya SRLsiswa.
Kata kunci:Penilaian autentik,selfregulated learning,kemampuanberfikirkreatif matematis, penilaian konvensional.
Availability
T0161 | PD/ts T0161 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0161
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
xvii, 284 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available