No image available for this title

Text

Pengaruh Penilaian Autentik dan Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SDN Cibubur 04 Jakarta Timur/ Yunita Lesmanawati



Penilaianautentik memegang perananpenting sebagaiassesmenuntuk pengajarandalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk menemukan pengaruh penilaian autentik dan Self Regulated Learning (SRL) terhadap kemampuan berpikir kreatifmatematis.PenelitiandilakukandikelasVI SDNCibubur04JakartaTimurpada Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancanganTreatmentby Level2x2.Sampelpenelitiansebanyak 60siswa,meliputi30 kelompok eksperimendan 30kelompokkontrol.Penentuan sampelmenggunakanteknik clusterrandomsampling. Datadikumpulkanmenggunakantesdandianalisisdengan ANOVA 2 Jalan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kreatifmatematissiswayang diberipembelajarandenganpenilaianautentik lebihtinggi daripadasiswa yangdiberipenilaiankonvensional;2)Terdapatpengaruh interaksi penilaian autentik danSRLsebesar (71,71%) terhadapkemampuanberpikirkreatif matematis; 3) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi penilaian autentik lebih tinggidaripadasiswa yang diberipenilaiankonvensionaluntuk siswayang memilikiSRLtinggi,dan4)Kemampuanberpikirkreatifmatematis siswayang diberi penilaianautentik lebihrendahdaripadasiswayangdiberipenilaiankonvensionaluntuk siswayangSRLrendah. Kesimpulanpenelitianiniadalahbahwapembelajarandengan penilaianautentik lebihefektifmeningkatkankemampuanberpikirkreatifmatematis dibandingkanpenilaian konvensional.Pengaruhpenilaian terhadapkemampuan berpikir kreatifmatematis bergantungpadatinggiatau rendahnya SRLsiswa.
Kata kunci:Penilaian autentik,selfregulated learning,kemampuanberfikirkreatif matematis, penilaian konvensional.


Availability

T0161PD/ts T0161Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0161
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 284 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this