Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Literasi Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar/ Nia Devi Anggraini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan Literasi Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Islam Al-Ikhwan Tangerang. Metode True Eksperimentdengan desain penelitian Anava dua jalur (treatment by level 2x2 ) diimplementasikan dalam penelitian ini. 40 orang siswasebagai sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Siswa pada kelas eksperimen belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Mandiridan siswa pada kelas kontrol belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Hasil penelitian ini adalah: (1)adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Mandiridan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing; (2) adanya interaksi antara model pembelajaran dan literasi sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (3) kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Mandiri lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelompok siswa yangmemiliki literasi sains tinggi;dan (4) kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Mandiri lebih rendah dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelompok siswa yang memiliki literasi sains rendah. Berdasarkan hasil penelitiantersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri mandiri lebih efektif diterapkan pada siswa yang memiliki literasi sains tinggi karena dapat memberikan perolehan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Sedangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif diterapkan pada siswa yang memiliki literasi sains rendah karena dapat memberikanperolehan kemampuan berpikir kritis yang tinggi.
Kata Kunci : Inkuiri, Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kritis
Availability
T0163 | PD/ts T0163 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available but not for loan - Repair |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0163
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2020 |
Collation |
xiv, 265 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available