No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Literasi Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar/ Nia Devi Anggraini



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan Literasi Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Islam Al-Ikhwan Tangerang. Metode True Eksperimentdengan desain penelitian Anava dua jalur (treatment by level 2x2 ) diimplementasikan dalam penelitian ini. 40 orang siswasebagai sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Siswa pada kelas eksperimen belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Mandiridan siswa pada kelas kontrol belajar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Hasil penelitian ini adalah: (1)adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Mandiridan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing; (2) adanya interaksi antara model pembelajaran dan literasi sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa; (3) kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Mandiri lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelompok siswa yangmemiliki literasi sains tinggi;dan (4) kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Mandiri lebih rendah dibandingkan siswa yang diberikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelompok siswa yang memiliki literasi sains rendah. Berdasarkan hasil penelitiantersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri mandiri lebih efektif diterapkan pada siswa yang memiliki literasi sains tinggi karena dapat memberikan perolehan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Sedangkan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif diterapkan pada siswa yang memiliki literasi sains rendah karena dapat memberikanperolehan kemampuan berpikir kritis yang tinggi.
Kata Kunci : Inkuiri, Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kritis


Availability

T0163PD/ts T0163Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable but not for loan - Repair

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0163
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xiv, 265 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this