No image available for this title

Text

Pengembangan Bahan Terintegrasi Proyek Stem (Science Sains Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar/ Petrus Tumijan



Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar IPA terintegrasi proyek STEM (Science Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi rangkaian listrik dan mengetahui efektivitas bahan ajar dalam meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dalam bentuk Nonequivalentpretest-posttest control group design. Prosedur penelitian meliputi tahap analisis kebutuhan, desain produk, validasi dan evaluasi, dan uji coba. Validasi produk melibatkan ahli materi, penyajian, bahasa, dan grafika. Validasi kelayakan produk melibatkan guru yang mengajar mata pelajaran IPA. Uji keterbacaan siswa melalui uji coba perorangan, kelompok kecil, dan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakanan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Subyek penelitian yaitu siswa kelas VI SDK 2 PENABUR Jakarta yang yang terbagi dalam dua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil validasi ahli menunjukkan aspek materi 97,7% dengan kategori sangat layak; aspek penyajian 97,7% dengan kategori sangat layak; aspek bahasa 85% dengan kategori sangat layak ; aspek grafika 80% dengan kategori layak. Hasil validasi kelayakan oleh guru IPA menunjukkan aspek materi 90% dengan kategori sangat layak; aspek penyajian 98,6% dengan kategori sangat layak; aspek bahasa 96,7% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan oleh siswa diperoleh rata-rata skor sebesar 87,7% dengan kategori sangat layak. Teknik pengolahan data melalui uji normalitas, homogenitas, N-gain, dan uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil uji efektivitas, maka diketahui bahwa nilai n-gain kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Literasi sains siswa mengalami peningkatan untuk setiap indikator. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA terintegrasi proyek STEM efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa. Sedangkan hasil uji independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan bahan ajar IPA terintegrasi proyek STEM dengan kelas yang tidak menggunakan bahan ajar IPA terintegrasi proyek STEM.
Kata kunci: STEM, pretest, postest, eksperimen semu, validasi ahli, literasi sains


Availability

T0165PD/ts TUM 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0165
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 348 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this