No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas 1 SDN Guntur 03 PAGI SETIABUDI,Jakarta Selatan/ Siti Aisyah



Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data secara empiris tentang pendekatan pembelajaran whole language terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Guntur 03 Pagi, Setiabudi, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni action research dengan subjek 30 siswa, adapun pengumpulan data dilakukan dengan cara data pemantauan tindakan berupa observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan data hasil penelitian. Di awali dengan kegiatan pra siklus siswa diberikan tes awal terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan dasar siswa sebelum dilakukan pendekatan pembelajaran whole language. Kemudian dilaksanakan siklus 1 dengan menggunakan pendekatan who/e language dan diperoleh 20 siswa dengan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal. Berikumya dilanjutkan dengan siklus 2 dan diperoleh 26 siswa dengan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus, dengan perolehan rata-rata pra siklus sebesar 64,86%, siklus 1 sebesar 75,94% dan siklus 2 sebesar 88,64%. Temuan pada penelitian ini adalah keinginan meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan pendekatan whole language. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan whnle language sangat tepat dilakukan dan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar di Jakarta Selatan.
Kata kunci: Mole language, Membaca permulaan, Sekolah dasar


Availability

T0156PD/ts T0156Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0156
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xvii, 189 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this