No image available for this title

Text

Penerapan Humanisme dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar : Studi Kasus di Sekolah Dasar Swasta Cinta Kasih Tzu Chi Jakarta Barat/ Fitra Nugraha



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan humanisme dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Swasta Cinta Kasih Tzu Chi, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang prosedur pengumpulan datanya dengan metode dan atau teknikobservasi, wawancara, analisis dokumen atau dokumentasi dan gabungan/triangulasi. Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis data yakni dengan mencocokan pola ataupattern matchingdenganteknik penjodohan Campbell. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan humanisme dalam pembelajaran di kelas ISekolah Dasar Swasta Cinta Kasih Tzu Chi adalah menggunakan model Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran Kooperatif adalah suatu strategi belajarmengajar yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesama dalam struktur kerjasama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari dua orang atau lebih. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum rekomendasi pemerintah yakni Kurikulum 2013 ditambah muatan lokal mata pelajaran budaya humanis dan budi pekerti yang diadopsi dari ajaran Master Cheng Yen dari Taiwan. Dalam hal pembelajaran di kelas, pendidik melatih cara berkomunikasi yang baik, mengingatkan harus empati dan baik kepada semua orang, untuk penilaian pendidik bukan hanya dari hasil ujian tapi juga sikap sehari-hari.
Kata kunci: Sekolah Dasar, Humanisme, Pembelajaran


Availability

T0174PD/ts T0174Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0174
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 473 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this