No image available for this title

Text

Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kelas dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/ Hermanto



Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan secara utuh tentang upaya guru melaksanakanpendidikan karakter berbasis kelas dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran berbasis kelas diawali dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dalam upaya agar peserta didik tidak saja paham tentang apa dan bagaimana pengetahuan diperoleh tetapi mengapa untuk memperkuat karakter peserta didik.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif dengansumber datadiperoleh darikepala sekolah, guru dan peserta didik. Analisis datamenggunakan model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan. Selanjutnya data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan triangulasi.Temuan dari penelitian ini adalah pembelajaran IPS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan disertai oleh kegiatan lain yang mendukung pembelajaran berbasis kelas seperti intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan pembiasaan sudah mencakup nilai-nilai karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial (IPS)


Availability

T0178PD/ts T0178Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0178
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxii, 257 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this