Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching dan dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekosistem: Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD/ Ronauli Hutagalung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA pokok bahasan ekosistem kelas V di SDS Kartini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini berjumlah 60siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan ekosistem kelas V di SDS Kartini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh dan signifikan model pembelajaran Quantum Tecahing dan ekspositoriterhadap hasil belajar ekosistem dengan, dengan nilai Fhitung = 22,17 dan nilai signifikansi sebesar 0,005, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar ekosistem nilai Fhitung= 47,96dan nilai signifikansi sebesar 0,005, 3) terdapat pengaruh dan signifikan Model pembelajaran dan kemandirian belajar tinggi terhadap hasil belajar ekosistem nilai Fhitung = 23,41 signifikansi sebesar 0,005, 4) terdapat pengaruh dan signifikansi pengaruh model pembelajaran dan kemandirian belajar rendah terhadap hasil belajar ekosistem nilai Fhitung= 6,204. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh interaksi antar model pembelajaran quantum teachingdan kemandirian terhadap hasil belajar ekosistem
Kata kunci : Model pembelajaran Quantum teaching, kemandirian belajar, hasil belajar
Availability
T0171 | PD/ts T0171 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0171
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
viii, 150 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available