No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Membaca Memindai Melalui Metode Inkuri/ Debi Utami



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca memindai melalui metode inkuiri siswa kelas V SDN Tlajung Udik 01 Gunung Putri Bogor. Penelitian ini dilakukan di SDN Tlajung Udik 01 Gunung Putri Bogor pada bulan Maret-April 2017.Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dan kualitatif, dengan jumlah sampel 25 orang siswa. Dalam penelitian ini, tindakan yang diberikan berupa penerapan metode inkuiri dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca memindai siswa kelas V. Sesuai dengan metode yang digunakan, penelitian ini dilakukan melalui siklus. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri atas 6 langkah yakni refleksi awal, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap refleksi, tahap evaluasi.Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Pada tindakan pra siklus (tes awal) rata-rata nilai mencapai 62, Siklus 1 rata-rata nilai mencapai 66. Dan siklus ke 2 rata-rata nilai adalah 73. Dari segi siswa 11 orang yang mencapai nilai 76 ke atas pada siklus II. Terjadi peningkatan pada lebih dari 55% siswa bila dibandingkan dengan siklus I. Sedangkan pada siklus III rata-rata nilai 82.Setelah itu terjadi peningkatan Peningkatan secara kualitatif juga terlihat dari wawancara siswa yang menyatakan beberapa hal seperti bertambahnya kemampuan membaca memindai, memahami pembelajaran dengan baik. Melihat data-data tersebut, penelitian ini dikatakan berhasil dan telah mencapai kriteria nilai yang ditentukan peneliti yaitu rata-rata nilai 82. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Keterpaduan seluruh aspek kebahasaan serta apresiasi sastra diharapkan mampu memenuhi tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia disekolah.


Availability

T0176PD/ts T0176Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0176
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 343 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this