Record Detail
Advanced SearchText
Pembelajaran Menulis Puisi Bahasa Indonesia Pada Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Deskriptif Kualitatif Pelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas VI di SDN Sumur Batu 06 Kecamatan Kemayoran Kota Jakarta Pusat Tahun Ajaran 2018/2019/ Suci Islamiati
Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap rekan kerja yang berhasil mengajarkan anak tunagrahita ringan menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pembelajaran menulis puisi bahasa Indonesia pada anak tunagrahita ringan yang memiliki IQ 70 ditinjau dari empat aspek yaitu perumusan tujuan pembelajaran, metodologi pembelajaran, media pembelajaran dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN Sumur Batu 06, Jakarta Pusa pada tahun 2018. Upaya dalam mengumpulkan data peneliti melakukan serangkaian kegiatan, yaitu pengamatan, wawancara, studikepustakaan dan dokumentasi. Dan setelah data didapat peneliti melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan rumus pembelajaran diberlakukan modifikasi tujuan pembelan untuk anak tunagrahita ringan, dalam pembelajarannya dilaksanakan Program Pembelajaran Individual (PPI), strategi yang dipilih adalah strategi pembelajaran kontekstual, media yang digunakan adalah lingkungan sekitar, dan penilaian menulis puisi mencakup empat aspek yaitu ketepatan isi dengan judul, diksi, imajinasi, dan amanat.
Kata kunci: pembelajaran menulis puisi bahasa Indonesia, anak tunagrahita ringan.
Availability
T0181 | PD/ts T0181 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0181
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
viii, 194 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available