No image available for this title

Text

Pembelajaran Menulis Puisi Bahasa Indonesia Pada Anak Tunagrahita Ringan: Penelitian Deskriptif Kualitatif Pelajaran bahasa Indonesia Siswa Kelas VI di SDN Sumur Batu 06 Kecamatan Kemayoran Kota Jakarta Pusat Tahun Ajaran 2018/2019/ Suci Islamiati



Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap rekan kerja yang berhasil mengajarkan anak tunagrahita ringan menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pembelajaran menulis puisi bahasa Indonesia pada anak tunagrahita ringan yang memiliki IQ 70 ditinjau dari empat aspek yaitu perumusan tujuan pembelajaran, metodologi pembelajaran, media pembelajaran dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas VI SDN Sumur Batu 06, Jakarta Pusa pada tahun 2018. Upaya dalam mengumpulkan data peneliti melakukan serangkaian kegiatan, yaitu pengamatan, wawancara, studikepustakaan dan dokumentasi. Dan setelah data didapat peneliti melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan pembuatan rumus pembelajaran diberlakukan modifikasi tujuan pembelan untuk anak tunagrahita ringan, dalam pembelajarannya dilaksanakan Program Pembelajaran Individual (PPI), strategi yang dipilih adalah strategi pembelajaran kontekstual, media yang digunakan adalah lingkungan sekitar, dan penilaian menulis puisi mencakup empat aspek yaitu ketepatan isi dengan judul, diksi, imajinasi, dan amanat.
Kata kunci: pembelajaran menulis puisi bahasa Indonesia, anak tunagrahita ringan.


Availability

T0181PD/ts T0181Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0181
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
viii, 194 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this