No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Literasi Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Studi Literatur/ Hardianti Nur Fajri



Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan litersi sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literature untuk mengkaji beberapa artikel ilmiah tentang penelitian sejenis yang relevan dengan penelitian ini.Data penelitian berupa 20 jurnalartikel ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui 1) reduksi data yaitu data diperoleh dari studi pustaka kemudian dirangkum dan diseleksi sehingga memberikan gambaran yang jelas; 2)paparan data yaitu penyajian data berdasarkan pengelompokan artikel yang dikaji; dan 3) membuat kesimpulan dari hasil temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.Hasil analisismenunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dan literasi sains memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Implikasi pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan literasi sains dapat menghadirkan pembelajaran bermakna, sehingga dengan penggabungan metode maupun alat bantu yang tepat dapat menjadi rujukan untuk guru dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, literasi sains, kemampuan berpikir kritis


Availability

T0193PD/ts T0193Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0193
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xx, 162 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this