Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Literasi Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa: Studi Literatur/ Hardianti Nur Fajri
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dan litersi sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literature untuk mengkaji beberapa artikel ilmiah tentang penelitian sejenis yang relevan dengan penelitian ini.Data penelitian berupa 20 jurnalartikel ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui 1) reduksi data yaitu data diperoleh dari studi pustaka kemudian dirangkum dan diseleksi sehingga memberikan gambaran yang jelas; 2)paparan data yaitu penyajian data berdasarkan pengelompokan artikel yang dikaji; dan 3) membuat kesimpulan dari hasil temuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.Hasil analisismenunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dan literasi sains memberikan pengaruh dan kontribusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Implikasi pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dan literasi sains dapat menghadirkan pembelajaran bermakna, sehingga dengan penggabungan metode maupun alat bantu yang tepat dapat menjadi rujukan untuk guru dalam proses belajar mengajar.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, literasi sains, kemampuan berpikir kritis
Availability
T0193 | PD/ts T0193 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0193
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xx, 162 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available