No image available for this title

Text

Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalu Pendekatan Saintifik dengan Metode Problem Based Learning di Kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan/ Junaedi Nugraha



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learningpada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukankan menggunakan instrumen tes menulis deskripsi, lembar pemantau tindakan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learning. Peningkatan pada siklus I sebesar 69,6 dengan persentase ketuntasan belajar 60% meningkat 24%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,6 dengan persentase ketuntasan mencapai 88% meningkat sebesar 28%, hal ini telah melebihi kriteria ketuntasan yang di harapkan yaitu 75%. Peningkatan tersebut terjadi dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran guru telah menggunakan pendekatanpembelajaran saintifik dengan metode problem based learning. Dari hasil pengamatan yang dilakukan terhadap kinerja guru pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 73% ,pada siklus II pengamatan kinerja guru dalam menerapkan metode problem based learning memperoleh nilai rata-rata 93%.Pengamatan pada aktivitassiswa pada siklus I mendapatkan mendapatkan nilai rata-rata 66%, dan pada siklus II pengamatan aktivitas siswa meningkat menjadi 86%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwapembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learningdapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambe Kabupaten Kuningan.Peningkatan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN 3 Selajambeterjadi pada aspek judul, isi/ gagasan, kalimat efektif, diksi,serta penggunaan ejaan dan tanda baca. Semua itu tidak terlepas dari kemampuan pedagogik guru dalam mengelola pembelajaran baik itu dalam penerapan metode, penggunaan media pembelajaran dan juga dalam penyampaian pembelajaran sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh siswa.
Kata kunci : keterampilan menulis, pendekatan saintifik, metode problem based learning


Availability

T0190PD/ts T0190Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0190
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 130 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this