No image available for this title

Text

Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning/ Nisa Oktavianingrum



Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang peningkatan kemampuan berpikirkritis matematis melaluimodel Problem Based Learning.Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan pembandingan data yang ditemukan dalam sumber tersebut. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipanpendapat-pendapat yang sesuai.Tahapan analisis data pada penelitian ini yaitu: pengumpulan data(data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan(conclusions/verifying).Hasil penelitian studi literaturmenunjukkan bahwa:1).komponen-komponen model Problem Based Learningberkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswamelalui: (a) pembelajaran yang terpusat pada siswa, (b) masalah yang disajikan kepada siswa dalam pembelajaran adalah masalah yang autentik, (c) dalam proses pemecahan masalahsiswa berusaha untuk mencari sendiri melalui sumbernya, (d) siswa mengembangkan pengetahuan secara kolaboratif dalam kelompok kecil, dan (e) guru hanya berperan sebagai fasilitator; 2).penerapan Problem Based Learningterhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa juga disertai peningkaan kemampuan belajar lainnya, antara lain: (a) motivasi belajar matematika siswa, (b)sikap sosial, (c) kepercayaan diri siswa terhadap matematika, dan (d) karakter kreativitas siswa.Penerapan model Problem Based Learningberimplikasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalah matematika dalam kehidupan sehari-hari.Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui penerapan model Problem Based Learningsecara praktis dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa pada proses pembelajaran matematika dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran.
Kata kunci: studi literatur,kemampuan berpikir kritismatematis,model Problem Based Learning(PBL).


Availability

T0152PD/ts T0152Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0152
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxi, 131 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this