Record Detail
Advanced SearchText
Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning/ Nisa Oktavianingrum
Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur tentang peningkatan kemampuan berpikirkritis matematis melaluimodel Problem Based Learning.Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan jurnal-jurnal terkait untuk kemudian dibaca dan dikaji. Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian dan pembandingan data yang ditemukan dalam sumber tersebut. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan pengutipanpendapat-pendapat yang sesuai.Tahapan analisis data pada penelitian ini yaitu: pengumpulan data(data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan(conclusions/verifying).Hasil penelitian studi literaturmenunjukkan bahwa:1).komponen-komponen model Problem Based Learningberkontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswamelalui: (a) pembelajaran yang terpusat pada siswa, (b) masalah yang disajikan kepada siswa dalam pembelajaran adalah masalah yang autentik, (c) dalam proses pemecahan masalahsiswa berusaha untuk mencari sendiri melalui sumbernya, (d) siswa mengembangkan pengetahuan secara kolaboratif dalam kelompok kecil, dan (e) guru hanya berperan sebagai fasilitator; 2).penerapan Problem Based Learningterhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa juga disertai peningkaan kemampuan belajar lainnya, antara lain: (a) motivasi belajar matematika siswa, (b)sikap sosial, (c) kepercayaan diri siswa terhadap matematika, dan (d) karakter kreativitas siswa.Penerapan model Problem Based Learningberimplikasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalah matematika dalam kehidupan sehari-hari.Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui penerapan model Problem Based Learningsecara praktis dapat dijadikan salah satu bahan masukan dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa pada proses pembelajaran matematika dan meningkatkan produktivitas sekolah melalui peningkatan kualitas pembelajaran.
Kata kunci: studi literatur,kemampuan berpikir kritismatematis,model Problem Based Learning(PBL).
Availability
T0152 | PD/ts T0152 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0152
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xxi, 131 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available