No image available for this title

Text

Kontribusi Model Brain Based Learning (BBL) dan Regulasi Diri Terhadap Literasi Sains Berwawasan Lingkungan pada Materi Ekosistem di Sekolah Dasar : Kajian Literatur/ Lina Sugiyarti



Penelitian ini untuk mengkajikontribusi model Brain Based Learning(BBL)dan regulasi diri terhadap literasi sains berwawasan lingkungan. Inimerupakan penelitian kualitatif melalui kajian literatur. Sumber adalah data sekunder.Hasil penelitian ini yaitu ModelBrain Based Learning (BBL)memberikan kontribusi terhadap literasi sains berwawasan lingkungan untuk pemahaman konsep, proses kognitif, dan proses informasi oleh siswa dalam situasi pembelajaran yang kontekstual, aplikatif, dan menstimulus sikap ilmiah siswa dalam menemukan solusi atas masalah yang diberikan, adapun regulasi diri merupakan sikap tanggung jawab siswa secara ilmiah yang berdampak positif pada peningkatan literasi sains siswa dalam memahami masalah, mengaplikasikan ilmu ke konteks masalah, dan menemukan solusi. Kesimpulan penelitian ini modelBrain Based Learning (BBL)dan regulasi diri memberikan kontribusi positif terhadap literasi sains berwawasan lingkungan pada materi ekosistem di sekolah dasar (kajian literatur).Praktisi pendidikan memperolehpengetahuan mengenaipemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar literasi sains, guru menerapkannya dengan membuat dan mengembangkan Lembar Kerja yang berorientasi pada keaktifkan peserta didik sehingga kemampuan literasi sains peserta didik akan semakin meningkat. Dalam praktiknya di kelas dapat dilakukan: (1) Pemilihan dan penentuan sumber belajar yang tepat dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar literasi sains, (2) Penggunaan model pembelajaran yang tepat dengan diimbangi pemanfaatan lingkungan agar pembelajaran literasi meningkat.
Kata kunci: brain based learning, literasi sainsberwawasan lingkungan,regulasi diri, ekosistem


Availability

T0185PD/ts T0185Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0185
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiii, 184 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this