No image available for this title

Text

Studi Literatur Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS Anak Usia Sekolah Dasar/ Umroatul Azizah



Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari berbagai jenis penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis penelitian yang dianalisis dan dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian studi literatur ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian tentang model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaranIPS anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil dari penelitian studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran ips anak usia sekolah dasar. Berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai macam hasil uji coba penggunaan model cooperative script modifikasi yang dilakukan di tingkat sekolah dasar, SMP dan SMK melalui berbagai jenis penelitian, baik penelitian kuantitatif, PTK maupun R&D. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative script bagi siswa sekolah dasar yang mempunyai karakteristik suka bermain sangat tepat untuk meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran ips anak usia sekolah dasar.yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena dengan model ini siswa diajak untuk berkelompok danmampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dapat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma saat berkelompok. Siswadapat aktif secara baik dalam kelompok, menyumbangkan banyak informasi untuk mengembangkan potensi dalam kelas dengan percaya diri sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Kata Kunci: Studi Literatur, Model Cooperative Script, Keterampilan Sosial


Availability

T0184PD/ts T0184Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0184
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 129 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this