Record Detail
Advanced SearchText
Studi Literatur Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Pembelajaran IPS Anak Usia Sekolah Dasar/ Umroatul Azizah
Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur yang menganalisis dan mengkaji hasil dari berbagai jenis penelitian sebelumnya yang memiliki tema yang relevan. Jenis penelitian yang dianalisis dan dikaji dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian dan pengembangan (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian studi literatur ini menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dan kajian tentang model cooperative script dalam meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaranIPS anak usia sekolah dasar. Berdasarkan hasil dari penelitian studi literatur ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative script dapat meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran ips anak usia sekolah dasar. Berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dari berbagai macam hasil uji coba penggunaan model cooperative script modifikasi yang dilakukan di tingkat sekolah dasar, SMP dan SMK melalui berbagai jenis penelitian, baik penelitian kuantitatif, PTK maupun R&D. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative script bagi siswa sekolah dasar yang mempunyai karakteristik suka bermain sangat tepat untuk meningkatkan keterampilan sosial pada pembelajaran ips anak usia sekolah dasar.yang akhirnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena dengan model ini siswa diajak untuk berkelompok danmampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dapat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma saat berkelompok. Siswadapat aktif secara baik dalam kelompok, menyumbangkan banyak informasi untuk mengembangkan potensi dalam kelas dengan percaya diri sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Kata Kunci: Studi Literatur, Model Cooperative Script, Keterampilan Sosial
Availability
T0184 | PD/ts T0184 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0184
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2021 |
Collation |
xii, 129 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available