Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses: Sebuah Studi PTK Kelas IV di SDN Cawang 7 Pagi/ Masni Romauli Helena Marudut

No image available for this title
Pendekatan keterampilan proses merupakan salah satu pendekatan yang memberi penekanan pada pengembangan keterampilan berpikir pada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisispeningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Penelitian dilakukan di kelas IV C SDN Cawang 07 Jakarta Timur pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan dua siklus.Sampel penelitiansebanyak 32siswa, meliputi 15 laki-laki dan 17 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan tes dan kuisioner. Hasilpenelitian mengungkapkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dari 53% pada siklus I menjadi 93%pada siklus II;Capaianpada siklus II telah melampui target, yaitu75%, 2) Terdapat peningkatan aktivitas siswa dari 38%pada siklus I menjadi 88%pada siklus II;Capaian pada siklus II juga telah melampaui target yaitu 75%.Aktivitas siswa tersebut meliputimenyelesaikan tugas secara berkelompok, mampu membuat peta pikiran, meramalkan suatu masalah, menafsirkan, merencanakan suatu percobaan, mempresentasikan dan berani untuk memberikan pendapat;3) Terdapat peningkatanrespon siswa terhadap pembelajaran ketrampilan proses yaitu sebesar 56% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Capaian ini telah melampaui target kriteria keberhasilan yaitu 75%.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui pendekatan ketrampilan proses.
Kata kunci:Kemampuan perpikir kritis, aktivitas siswa, respon siswa, pendekatan ketrampilan proses
Availability
T0179PD/ts T0179Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/ts T0179

Publisher

Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

xiv, 189 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PD/ts

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.