No image available for this title

Text

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses: Sebuah Studi PTK Kelas IV di SDN Cawang 7 Pagi/ Masni Romauli Helena Marudut



Pendekatan keterampilan proses merupakan salah satu pendekatan yang memberi penekanan pada pengembangan keterampilan berpikir pada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisispeningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan keterampilan proses. Penelitian dilakukan di kelas IV C SDN Cawang 07 Jakarta Timur pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan dua siklus.Sampel penelitiansebanyak 32siswa, meliputi 15 laki-laki dan 17 perempuan. Data dikumpulkan menggunakan tes dan kuisioner. Hasilpenelitian mengungkapkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa dari 53% pada siklus I menjadi 93%pada siklus II;Capaianpada siklus II telah melampui target, yaitu75%, 2) Terdapat peningkatan aktivitas siswa dari 38%pada siklus I menjadi 88%pada siklus II;Capaian pada siklus II juga telah melampaui target yaitu 75%.Aktivitas siswa tersebut meliputimenyelesaikan tugas secara berkelompok, mampu membuat peta pikiran, meramalkan suatu masalah, menafsirkan, merencanakan suatu percobaan, mempresentasikan dan berani untuk memberikan pendapat;3) Terdapat peningkatanrespon siswa terhadap pembelajaran ketrampilan proses yaitu sebesar 56% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Capaian ini telah melampaui target kriteria keberhasilan yaitu 75%.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran IPA dapat ditingkatkan melalui pendekatan ketrampilan proses.
Kata kunci:Kemampuan perpikir kritis, aktivitas siswa, respon siswa, pendekatan ketrampilan proses


Availability

T0179PD/ts T0179Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0179
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 189 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this