No image available for this title

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Observasional Berbantuan Media Interaktif Rumah Belajar Bertemakan Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA/ Siti Sahronih



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Wijaya Kusuma 07 Jakarta Barat pada bulan September hingga November 2019. Penelitianini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini adalah: (1) adanya perbedaan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan dan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif; (2) adanya interaksi antara model pembelajaran berbantuan media interaktifdan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif; (4) hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan lebih rendah daripada siswa yang menggunakanmodel pembelajaran investigasi kelompok berbantuanmedia pembelajaran non-interaktif.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakan lingkungan lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif. Kesimpulan tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakan lingkungan menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA.
Kata Kunci: Model pembelajaran observasional, media interaktif,motivasi belajar, hasil belajar IPA


Availability

T0180PD/ts T0180Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T0180
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 241 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this