Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Observasional Berbantuan Media Interaktif Rumah Belajar Bertemakan Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA/ Siti Sahronih
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Wijaya Kusuma 07 Jakarta Barat pada bulan September hingga November 2019. Penelitianini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini adalah: (1) adanya perbedaan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan dan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif; (2) adanya interaksi antara model pembelajaran berbantuan media interaktifdan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif; (4) hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan lebih rendah daripada siswa yang menggunakanmodel pembelajaran investigasi kelompok berbantuanmedia pembelajaran non-interaktif.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakan lingkungan lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif. Kesimpulan tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakan lingkungan menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA.
Kata Kunci: Model pembelajaran observasional, media interaktif,motivasi belajar, hasil belajar IPA
Availability
T0180 | PD/ts T0180 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PD/ts T0180
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
xviii, 241 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PD/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available