Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Model Pembelajaran Observasional Berbantuan Media Interaktif Rumah Belajar Bertemakan Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA/ Siti Sahronih

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Wijaya Kusuma 07 Jakarta Barat pada bulan September hingga November 2019. Penelitianini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian treatment by level 2x2. Hasil penelitian ini adalah: (1) adanya perbedaan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan dan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif; (2) adanya interaksi antara model pembelajaran berbantuan media interaktifdan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif; (4) hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakanlingkungan lebih rendah daripada siswa yang menggunakanmodel pembelajaran investigasi kelompok berbantuanmedia pembelajaran non-interaktif.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakan lingkungan lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan media pembelajaran non-interaktif. Kesimpulan tersebut mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran observasional berbantuan media interaktifbertemakan lingkungan menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA.
Kata Kunci: Model pembelajaran observasional, media interaktif,motivasi belajar, hasil belajar IPA
Availability
T0180PD/ts T0180Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/ts T0180

Publisher

Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

xviii, 241 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PD/ts

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.