No image available for this title

Text

Peningkatan Hasil Belajar Matetika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Penilaian Autentik pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Jatipulo 06 Jakarta/ Ani Purwati



Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Jatipulo 06 Jakarta melalui penerapan model discovery learningdan penilaian autentik. Model pembelajaran discovery learningmerupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dapat menggali proses berpikir siswa secara individu sehingga dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melaksanakan pembelajaran matematika dengan menerapkan model discovery learningdan penilaian autentik yang meliputi penilaian unjuk kerja, penilaian sikap melalui observasi, penilaian produk, penugasan dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learningdan penilaian autentik pada pembelajaran matematika secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Jatipulo 06 Jakarta. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dariperkembangan hasil belajar matematika pada subjek penelitian yang dibuktikan dengan semakin meningkat hasil belajar darisetiap siklus baik pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan.Pada aspek keterampilanhampir seluruh subjek penelitian mengalami peningkatan yang diperlihatkan dengan hasilpencapaian kriteria ketuntasan miminal dari setiap siklus. Untuk SP1, SP2, SP3, SP4dan SP5mencapai kriteria yang telah ditetapkan, sedangkan SP6 belum mencapai kriteria yang ditetapkan. Pada aspek sikap melalui observasi diperlihatkan perkembangan yang baik oleh seluruh subjek penelitian atas sikap yang dikembangkan pada pembelajaran yaitu disiplin, tanggungjawab, kerjasama, teliti dan percaya diri. Sedangkan pada aspek pengetahuan terlihat peningkatan kemampuan kognitif pada hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan semakin berkembang jawaban subjek penelitian dalam menjawab permasalahan matematika yang disajikan, meskipun masih terdapat satu subjek penelitian yaitu SP6 yang belum memenuhi standar yang telah ditetapkan. Secara rata-rata kelashasil belajar pada ketiga aspek keterampilan, sikap dan pengetahuan mengalami peningkatan dengan mencapai kriteria ketuntasan minimalyang telah ditetapkan.
Kata kunci: hasil belajar matematika, discovery learning, penilaian autentik


Availability

T0274PEP/ts T0274Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ts T0274
Publisher Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiv, 281 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this