No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Se-Provinsi Jambi oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Jambi/ Sri Rahayu



Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan peneltian tindakan kelas se-provinsi jambi yang dilaksanakan oleh lembaga penjamin mutu pendidikan provinsi jambi. Metode Penelitian evaluasi ini menggunakan tehnik penelitian Kirkpatrick. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Pada level reaksi pelatihan dinyatakan berhasil hal ini terlihat dari respon yang diberikan peserta pelatihan positif dengan presentase rata-rata sebesar 78%. (2) Pada Level pembelajaran terjadi peningkatan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, peningkatan kemajuan belajar dan peningkatan sikap positif yang signifikan karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 49,90%. (3) Pada level perilaku terjadi perubahan perilaku yang siginifikan hal ini terlihat dari dari setiap indicator yang dijadikan ukuran dalam penelitian ini menghasilkan hal yang positif. (4) Pada level dampak terjadi peningkatan dampak yang siginifikan hal ini terlihat dari kondusipnya suasana belajar dikelas, partisipasi belajar siswa meningkat, guru mampu mnegidentifikasi masalah belajar yang dihadapi oleh siswa dan menemukan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi, perencanaan kerja baik di tunjukkan denagn meningkatnya displin membuat perencanaan pembelajaran, sehingga di akhir masa pembelajarn hasil belajar siswa meningkat dan jumlah siswa yang masuk kebeberapa sekolah tempat peserta bertugas.Dengan demikian secara keseluruhan program pendidikan dan pelatihan penelitian tindakan kelas ini berhasil. Walaupun masih ada beberapa guru yang belum maksimal dalam melakuakn penelitian.
Kata Kunci: Evaluasi program pendidikan dan pelatihan penelitian tindakan kelas


Availability

T0273PEP/ts T0273Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ts T0273
Publisher Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 236 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this