No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pembelajaran dan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sekolah Menengah Kejujuran dengan Menggunakan Model Countenance Stake/ Ema Noviah



Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan yang berada dilingkungan lembaga pemasyarakatan khusus anak KotaTangerang.Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model Countenance Stakedan pendekatan kualitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan berupawawancara, studi dokumentasi, dan observasi dengan teknikkeabsahan data hasil penelitianmenggunakancredibility melaluiProlonged engagement, persistent observation, sertamember checks.Hasil penelitian menunjukanbahwa pada dimensi antecedent, SMK Istimewa masih belum memenuhi standar. Hal tersebut karena pertama tidak dilakukannya penyusunanperencanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, serta PRAKERINdengan baik. Kedua kurangnya sarana prasarana pokok dan penunjang proses pembelajaran. Ketiga kurangnya tenaga pendidik dengan kualifikasi yang sesuai kompetensi.Padadimensi Transactionatau proses pelaksanaan, SMK Istimewa juga masih harus melakukan banyak perubahan. Hal tersebut karena terdapat bayak indikator yang tidak memenuhi kriteria dari standar yang telah ditetapkan. Seperti adanya pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal karena disebabkan oleh waktumengajar yang relatif sempit dan tidak dilakukannya penilaianhasil belajar serta PRAKERINpadasemua aspek, Pada dimensioutcomesdalam aspek hasil belajar menunjukan apabila SMK Istimewa masih belum berhasilmelaksanakan pembelajaran yang baik . Hal tersebut terlihat dari nilai-nilai hasil belajar siswa yang masih sangat jauhstandar penilaian yang ditetapkan dan rendahnya serapan lulusandidunia industri yang relevan dengan kompetensi yang dipelajari.
Keywords:Model Evaluasi Countenance Stake, Program Pembelajaran, SMK dalam lingkungan LPKA


Availability

T0284PEP/ts T0284Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ts T0284
Publisher Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 553 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this