Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Program Pembelajaran dan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Sekolah Menengah Kejujuran dengan Menggunakan Model Countenance Stake/ Ema Noviah
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan yang berada dilingkungan lembaga pemasyarakatan khusus anak KotaTangerang.Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan model Countenance Stakedan pendekatan kualitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan berupawawancara, studi dokumentasi, dan observasi dengan teknikkeabsahan data hasil penelitianmenggunakancredibility melaluiProlonged engagement, persistent observation, sertamember checks.Hasil penelitian menunjukanbahwa pada dimensi antecedent, SMK Istimewa masih belum memenuhi standar. Hal tersebut karena pertama tidak dilakukannya penyusunanperencanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran, serta PRAKERINdengan baik. Kedua kurangnya sarana prasarana pokok dan penunjang proses pembelajaran. Ketiga kurangnya tenaga pendidik dengan kualifikasi yang sesuai kompetensi.Padadimensi Transactionatau proses pelaksanaan, SMK Istimewa juga masih harus melakukan banyak perubahan. Hal tersebut karena terdapat bayak indikator yang tidak memenuhi kriteria dari standar yang telah ditetapkan. Seperti adanya pelaksanaan pembelajaran yang kurang maksimal karena disebabkan oleh waktumengajar yang relatif sempit dan tidak dilakukannya penilaianhasil belajar serta PRAKERINpadasemua aspek, Pada dimensioutcomesdalam aspek hasil belajar menunjukan apabila SMK Istimewa masih belum berhasilmelaksanakan pembelajaran yang baik . Hal tersebut terlihat dari nilai-nilai hasil belajar siswa yang masih sangat jauhstandar penilaian yang ditetapkan dan rendahnya serapan lulusandidunia industri yang relevan dengan kompetensi yang dipelajari.
Keywords:Model Evaluasi Countenance Stake, Program Pembelajaran, SMK dalam lingkungan LPKA
Availability
T0284 | PEP/ts T0284 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PEP/ts T0284
|
Publisher | Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2020 |
Collation |
xii, 553 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PEP/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available