No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pembinaan Karakter Berbasis Kultur Sekolah : Studi Kasus pada AlMarjan Menggunakan Model Evaluasi Iluminatif, dengan Program PKK Sebagai Arus Utama/ Ina Nurnina



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam proses penyelenggaraan program pembinaan karakter yang dilakukan SMPIT AlMarjansebagai sebuah institusi pendidikan. Data diperoleh dari serangkaian wawancara dengan purposive samplingmeliputi perwakilan siswa kelas 7 dan kelas 9, wali kelas, guru mata pelajaran, penanggung jawab ekstra kurikuler, observer sekolah, kepala satgas karakter, kepala sekolah dan orang tua siswa. Observasi lapangan serta analisis dokumen-dokumen penunjang pelaksanaan program sekolah juga menjadi bagian dari tehnik pengumpulan data yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMPIT AlMarjan mengintegrasikan program PPK Berbasis Budaya Sekolah dengan menambahkan aspek pendidikan adab yang disebut KARISMA (Karakteristik Islami AlMarjan). Penggabungan dua konsep program tersebut diaktualisasikan melalui pembagian aspek Taat,Hebat,Bersahabat yang dikembangkan melalui struktur kurikulum KTSP, baik untuk kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini menghasilkan sebuah konstalasi model evaluasi pembinaan karakter berbasis budaya sekolah yang memberikan manfaat pada peneliti dalam melihat kriteria dari illuminative evaluation modelmanakah yang paling berkontribusi bagi sekolah pada proses pembinaan karakter. Keberfungsian Man(sumber daya manusia) merupakan kriteria yang paling berperan dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi proses internalisasi 5 nilai utama pada PPK serta pendidikan adab yang dilakukan sekolah, sehingga menjadikan banyak orang tua merasakan langsung perubahan baik pada kedisiplinan, ketaatan serta sopan santun anak-anak mereka setelah bersekolah di SMPIT AlMarjan.
Kata Kunci : illuminative evaluation, pembinaan karakter, budaya sekolah


Availability

T0282PEP/ts T0282Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ts T0282
Publisher Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 205 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this