No image available for this title

Text

Evaluasi Program Praktik Kerja Industri SMK Islam Terpadu : Penelitian Evaluasi Dengan Pendekatan Conteks, Input, Proces, Product dan Outcome/ CIPPO/ Nur Anisah



Penelitian tentang evaluasi program praktik kerja industry SMK Islam terpadu dengan model CIPPO, yaitu: ditinjau dari dimensi 1). Context dengan mengevaluasitujuan program praktik kerja industri, kompetensi pesertadidik, etos kerja dan link and match termasuk kategori sangat relevan; 2). Input dengan mengevaluasi perencanaan program praktik kerja industri, pembekalan program, kurikulum implementatif, kepanitiaan, sumber daya manusia, sarana prasarana, peserta didik dan pembiayaan sangat relevan; 3)Process yang meliputi pemetaan, pelaksanaan, monitoring, efektifitas, kontribusi sekolah sangat relevan;4)Product dengan mengevalusihasil uji kompetensi program kejuruan dan hasil uji sertifikasi dunia usaha maupun dunia industrisangat relevan; 5) Outcome dengan mengevaluasi dampak keterserapan peserta didik pada dunia usaha dan industri serta perubahan keterampilan sikap peserta didik sangat relevan. Tujuannyauntuk meningkatkan program yang dilaksanakandengan melihat kesesuaian pelaksanaan program praktik kerja industri di SMK Islam terpadu. Metodepenelitian dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dankualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara,observasi dan analisis dokumen. Responden penelitian adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang hubungan industri, guru pembimbing prakerin sekolah dan industri, orangtua dan peserta didik SMK Islam Terpadu kelas XI dan XII, yang telah mengikuti praktek kerja industri.Berdasarkan hasil penelitian melalui angket diperoleh hasil yang relevan untuk semua dimensi program. Namun, hasil observasi dan wawancara diperoleh masukan pada pembangunan karakter dan pemenuhan sarana prasarana pendukung yang merupakan miniatur dari dunia usaha maupun industri yang ada di sekolah, perluditingkatkan dandilengkapi sesuai dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar sehingga, dapat mempengaruhi keterampilan peserta didik dalam mengikuti program praktik kerja industri,harapannya dapat meningkatkan peluang lulusan SMK Islam Terpadu untuk memperoleh lapangan kerja, mempertahankannya dan terus maju dan berkembang di bidangnya.
Kata Kunci : Program Praktik Kerja Industri, SMK Islam Terpadu, CIPPO


Availability

T0278PEP/ts T0278Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ts T0278
Publisher Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 205 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this