No image available for this title

Text

Validasi Validitas Konstruk Kepribadian (Big-Five Personality) Dan Sensitivitas Lingkungan (Environmetal Sensitivity) Siswa Melalui Multitrait-Multimethod/ Lisa Dwi Ningtyas



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah multitrait-multimethodmerupakan alat yang akuratdalam memvalidasi validitas konstruk kepribadian lingkungan dan sensitivitas siswa. Metode survei digunakan dengan memilih secara acak 151 siswa SMP di Jakarta. Empat jenis instrumen yang dikembangkan mengukur big-5 personalitydan kepekaan lingkungan yang masing-masing terdiri dari 23 butirdan 18 butir, dengan koefisien reliabilitas masing-masing adalah 0,850 (kepribadian dengan metode structure scale), 0,814 (sensitivitas denganstructure scale), 0,839 (skala kepribadian denganmetode rating scale), dan 0,763 (sensitivitas denganrating scale). Data dianalisis dengan multitrait-multimethod. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas konvergen yang diberikan pada korelasi mono-trait hetero-method lebih tinggi dibandingkan dengan koefisien validitas lainnya. Selain itu, temuan lain menunjukkan bahwa korelasi hetero-sifat mono-metode lebih tinggi daripada korelasi hetero-sifat hetero-metode yang mengarah pada kesimpulan bahwa validitas konstruk untuk kedua sifat sudah sesuai ketika alat ini digunakan untuk memvalidasi instrumen tersebut. Sebagai best practicedalam melakukan penelitian kuantitatif, alat ini sangat tepat diterapkan dalam menentukan validitas dan reliabilitas instrumen, sebagai pendekatan pelengkap untuk alat lain yang disebut analisis faktor, baik konfirmatori maupun eksploratori.
Kata Kunci: Big-Five Environmental Personality, Environmental Sensitivity, Structure Scale, Rating Scale, Multitrait-multimethod.


Availability

T0277PEP/ts T0277Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/ts T0277
Publisher Prodi Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 113 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this