Record Detail
Advanced SearchText
Penggunaan Bahasa Indonesia pada Lanskap Linguistik Sekolah: Penelitian Analisis Isi Berdasarkan Linguistik Sistemik Fungsional di SMPN 44 Jakarta)/ Hidayat Widiyanto
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia pada lanskap sekolah di SMPN 44 Jakarta yang didasarkan pada analisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data penelitian ini berupa frasa, kalimat, dan paragraf dalam bahasa Indonesia pada teks iklan, poster, dan slogan yang bersumber pada lanskap linguistik di SMPN 44 Jakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, yaitu dengan mengobservasi objek lanskap linguistik, mengidentifikasi teks iklan, poster, dan slogan, memfoto objek penelitian, mentranskrip foto dalam bentuk teks, mengelompokkan dan memberikode data berdasarkan jenis teks, dan menganalisis sesuai dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 124 data, teks iklan berjumlah 0,4%, teks poster berjumlah 12%, dan slogan berjumlah 83,6%. Fungsi sosial memberikan pesan dalam sebelas bidang, yaitu (1) religi dengan jumlah 73 objek atau 59%, (2) karakter, optimisme, budi pekerti berjumlah 16 objek atau 13%, (3) disiplin dan etos kerja berjumlah 9 objek atau 7%, (4) literasi dan pengetahuan berjumlah 7 objek atau 6%, (5) kesehatan berjumlah 6 objek atau 5%, (6) layanan pendidikan berjumlah 4 objek atau 5%, (7) kebersihan berjumlah 3 objek atau 2%, (8) ekstrakurikuler bejumlah 2 objek atau 2%, (9) kosmetik berjumlah 2 objek atau 2%, (10) lingkungan hidup berjumlah 1 objek atau 1%, dan (11) minuman berjumlah 1 objek atau 1%. Dari 20 teks iklan dan poster ditemukan 9 teks atau 0,45% memiliki struktur teks iklan dan poster yang lengkap, yaitu orientasi^tubuh iklan/poster^justifikasi. Teks berstrukturorientasi^tubuh iklan/poster sebanyak 6 teks atau 0,30% dan teks dengan struktur tubuh iklan/poster^justifikasi berjumlah 5 teks atau 0,25%. Dari 104 teks slogan, yang memiliki struktur frasa sebanyak 74 teks (71%), 24 teks berupa kalimat (23%), dan 6 teks berupa lebih dari satu kalimat atau paragraf (6%). Dari unsur kebahasaan ditemukan bahwa teks yang menggunakan slogan sebanyak 112 teks (87%). Kalimat imperatif digunakan dalam 16 teks dari 52 teks atau 30,77%. Kalimat imperatif tersebut berjumlah 44 kalimat dari data 78 kalimat (56,41%). Dari 124 data, yang menggunakan kata ganti orang pertama hanya 3 objek atau 2%.
Kata kunci: iklan, lanskap linguistik, poster, sekolah, slogan
Availability
T0196 | PB/ts T0196 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PB/ts T0196
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2021 |
Collation |
xvii, 216 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PB/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available