No image available for this title

Text

Evaluasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Seraphine Bakti Utama Jakarta Barat/ Hendrico Dolok Mauliate



Penelitian ini bertujuanuntuk mengevaluasi rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggrisdi SMP Seraphine Bakti Utama Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalahevaluative melalui alur model kesenjangan.Pengumpulan data melalui wawancara, penelusuran dokumen, dan observasi. Key informan yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Dari kesepuluh indikator prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP hanya indikator berorientasi kekinian yang tidak dimuat di dalam RPP. Hal ini dikarenakan RPP disusun berdasarkan materi ajar dan bahan ajar. Selain itu, di dalam RPP tidak mengedepankan sikap sosial, spiritual dan hanya fokus pada materi ajar bahasa Inggris. Karena sikap sosial dan spiritual sifatnya hiddenkurikulum dan bisa diterapkan ke semua mata pelajaran. Bahkan pengembangan karakter merupakan program sekolah SMP Seraphine Bakti Utama Jakarta Barat.(2). Semua indikator langkah-langkah dalam penyusunan RPP sudah dimuat di dalam RPP. Namun masih terdapat indikator yang belum maksimal seperti menentukan strategi pembelajaran yang terkesan monoton dan tidak melakukan evaluasi diri bagi guru untuk memperbaiki strategi, dan metodemengajarnya.(3). Beberapa indikator pelaksanaan RPP sudah terlaksana dengan baik di dalam kelas walaupun belum maksimal. Hal ini dikarenakan pada kegiatanpendahuluan, gurutidak menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajaridankompetensi yang harus dikuasai siswa.Kesimpulannya terkait prinsip-prinsip, penerapan langkah-langkah dan pelaksanaan RPP di dalam kelas, walaupun belum maksimal, namunsudah mengacu pada Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Kata Kunci: Evaluasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahasa Inggris


Availability

T0199PB/ts T0199Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PB/ts T0199
Publisher Prodi Magister Pendidikan Bahasa Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xix, 273 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PB/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this